JK Sebut Impor Minyak Tinggi Bikin Indonesia Banyak Utang

Jum'at, 13 September 2019 - 16:01 WIB
JK Sebut Impor Minyak Tinggi Bikin Indonesia Banyak Utang
JK Sebut Impor Minyak Tinggi Bikin Indonesia Banyak Utang
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengkritisi masih tingginya impor minyak Indonesia. Hal ini menurutnya membuat membuat neraca perdagangan defisit dan membuat utang Indonesia terus bertambah.

"Defisit perdagangan kita itu terbesar disebabkan karena kebutuhan BBM. Sedangkan 70% BBM itu untuk transportasi. Jadi apabila tidak dikelola, kemacetan banyak, orang semuanya naik mobil pribadi, terpaksa kita impor minyak dan BBM lebih banyak lagi, akibatnya kita defisit terus, ngutang lagi," ujar JK di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Selain itu, dia mengatakan, dampak negatif lain dari transportasi yang tak diatur dengan baik adalah tingginya tingkat polusi udara. Faktor penyebab polusi di perkotaan, lanjut, berbeda antara di perkotaan dan di daerah.

"Di Sumatera polusi bisa disebabkan kebakaran hutan, tapi kalau di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, polusi karena membakar BBM, begitu banyaknya kendaraan menyebabkan polusi seperti Jakarta ini," cetusnya.

Wapres pun meminta agar para pelaku transportasi bisa memanfaatkan teknologi selain yang berbasis bahan bakar agar tidak terus-terusan membebani neraca dagang.

"Kemacetan, defisit perdagangan, dan juga tentu polusi, semua hasil dari sistem transportasi yang harus diperbaiki. Maka apa yang hari ini, Indotrans Ekspo harus memperlihatkan yang baru di bidang transportasi. Memang banyak berkembang dan mempunyai suatu perubahan sosial juga," tegasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7739 seconds (0.1#10.140)