Connected Real Estate: Sinar Mas Land Berbagi Cara Kembangkan Kota Digital

Kamis, 17 Oktober 2019 - 06:29 WIB
Connected Real Estate: Sinar Mas Land Berbagi Cara Kembangkan Kota Digital
Connected Real Estate: Sinar Mas Land Berbagi Cara Kembangkan Kota Digital
A A A
JAKARTA - Sebagai pengembang yang mengusung transformasi digital, Sinar Mas Land mengadakan acara bertajuk Connected Real Estate di Westin Hotel, Jakarta. Acara ini merupakan kolaborasi antara Sinar Mas Land dengan OneSmartServices dan IDC Indonesia.

Dengan fokus pada transformasi digital, acara ini dihadirkan dalam dua sesi yang membahas tentang tren digitalisasi di dunia bisnis real estate dan bagaimana para pelaku bisnis saling terhubung satu sama lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya transformasi digital yang harus dimanfaatkan dalam pengembangan hunian dan perkotaan.

Transformasi digital menjadi sebuah aspek yang mendorong perubahan-perubahan signifikan dalam kehidupan manusia. Perubahan yang terjadi akibat digitalisasi dan perkembangan teknologi terlihat dari semakin pentingnya teknologi dalam kehidupan manusia. Termasuk pula dalam industri properti dan pengembangan kota, pemanfaatan teknologi dan digital memberikan kebaikan bagi pelaku bisnis dan juga penghuni.

Kebutuhan pelanggan, tren, dan pola kehidupan akan terus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan teknologi sehingga pengembang kota dan pelaku bisnis juga harus terus beradaptasi selaras. Industri properti dan pengembangan kota terdorong menjadi semakin baik karena adanya transformasi digital.

Oleh karena itu penggunaan teknologi platform ke-3 seperti Cloud, Mobilitas dan Big Data Analytics, serta Internet of Things (IOT) dan Kecerdasan Buatan dianggap sebagai penggerak utama pengembangan ekosistem masa depan. Tentunya dengan memberikan inovasi dan terus mengutamakan kemudahan bagi pelanggan, sistem perkotaan cerdas akan menjadi masa depan yang memberikan kesempatan lebih luas bagi pengembang.

Untuk menawarkan pemahaman dan solusi dari transformasi digital bagi perusahaan properti, beberapa nama besar dalam dunia properti akan terlibat dalam sesi acara Connected Real Estate seperti Mevira Munindra (IDC), Irvan Yasni (Sinar Mas Land), Harwianto Tjhin (Agung Sedayu Group), Gary Su (Hitachi), Raymond Ang (Acer), dan [Nama] (Data Dimension Indonesia).

CEO Technology Business Sinar Mas Land Irvan Yasni mengatakan, transformasi digital ini seperti angin segar bagi pengembang perkotaan, dan juga penghuni. Mengapa demikian? Seperti contohnya perusahaan memanfaatkan Big Data sehingga bisa mengetahui pola atau tren perumahan yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia.

“Jadi ketika perusahaan bisa memanfaatkan transformasi ini, maka perusahaan dan pelanggan sama-sama mendapatkan manfaat. Nah ini salah satu alasan Sinar Mas Land sangat semangat mengembangkan perkotaan berbasis digital dan teknologi. Karena dengan teknologi dan inovasi, perusahaan akan terus relevan bagi kebutuhan pelanggan, untuk itulah Sinar Mas Land menggunakan jasa dari OneSmartServices," papar Irvan Yasni.

Sementara Chief Technology Officer OneSmartServices Ramadhanny Herlambang menerangkan, pola perkotaan di masa depan adalah perkotaan cerdas atau smart city yang akan memanfaatkan inovasi-inovasi teknologi terbaru. Oleh karena itu ada sebuah kebutuhan bagi pelaku industri properti untuk beradaptasi, berinovasi, atau mengembangkan model bisnis baru agar dapat relevan dengan kemajuan zaman.

"Nantinya, pemanfaatan digital dalam perkotaan akan mewujudkan sebuah ekosistem yang cerdas dan terhubung sehingga memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Dalam acara ini kami berusaha untuk berbagi tentang pengetahuan ini dan menawarkan solusi bagi perusahaan-perusahaan properti dalam memanfaatkan transformasi digital," papar Ramadhanny Herlambang.

Connected Real Estate mempertemukan IT manager dari berbagai perusahaan properti di Indonesia untuk saling bertukar ide dan solusi dalam mempersiapkan transformasi digital.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi presentasi yang bertema “Digital Transformation in Real Estate Business” yang menjelaskan tentang bagaimana transformasi digital berdampak juga bagi bisnis properti di Indonesia. Sesi kedua adalah diskusi panel yang bertema “Reinvent How Real Estate Connects” yang akan diisi oleh nama-nama besar pelaku industri properti.

Layanan OneSmartServices

OneSmartServices merupakan layanan teknologi digital yang menyediakan layanan strategis dari konsultasi teknologi, jaringan internet, cloud system, hingga arsitektur jaringan IT dalam berbagai skala. OneSmartServices juga mendukung Sinar Mas Land di BSD City dalam transformasi menjadi integrated smart digital city.

OneSmart Services menghadirkan pelayanan cloud kelas dunia dan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions.

Selain itu OneSmart Services juga mengembangkan infrastruktur jaringan fiber optik yang memperkuat keunggulan BSD City karena didukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7082 seconds (0.1#10.140)