Dorong Peran Pesantren Tumbuhkan Ekonomi Bangsa di Era Digital

Senin, 28 Oktober 2019 - 19:15 WIB
Dorong Peran Pesantren Tumbuhkan Ekonomi Bangsa di Era Digital
Dorong Peran Pesantren Tumbuhkan Ekonomi Bangsa di Era Digital
A A A
JAKARTA - Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) mendorong peningkatan peran pondok pesantren dalam menumbuhkan ekonomi di era digital seperti sekarang ini. Hal ini disampaikan saat Gelaran Kebahagiaan Hari Santri 2019 dengan mengusung tema 'Peran Nyata Pesantren Dalam Membangun Ekonomi Pesantren 4.0' yang digagas Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) bersama BBM Group.

"IPI tidak main-main dalam mendorong membantu peningkatkan peran pondok pesantren dalam menumbuhkan ekonomi pesantren ke depan," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI), KH. Zaini Ahmad S.RK dalam sela-sela acara di Pondok Pesantren Minhajurosyiddin, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (28/10/2019).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Zaini itu memaparkan bahwa ke depan pondok pesantren harus mampu menguasai ekonomi yang berbasis pesantren. Oleh karena itu, pihaknya sudah menyiapkan perangkatnya yakni smarty untuk sisi digital, dan ipigrosir untuk konvensional.

Melalui start-up yang digagas IPI dan BBM Group tersebut, Gus Zaini berharap ke depan bisa menjadi motor peningkatan ekonomi pesantren dan umat, sehingga pesantren dapat menopang ekonomi nasional. "Kita akan terus mendorong peningkatan SDM dan manajemen tata kelola pesantren agar profesional," sambung Gus Zaini, yang juga CEO-Founder BBM Group.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas, Pasuruan, Jawa Timur ini juga menerangkan, pada ipigrosir.com nanti di setiap pondok pesantren yang berada di bawah naungan IPI akan disiapkan perangkatnya oleh BBM Group untuk memulai usahanya, sehingga ini bisa cepat berjalan dan dirasakan masyarakat sekitar pesantren.

Selain itu, Gus Zaini berharap Kabinet Jokowi-Amin lebih memperhatikan rakyat kecil, karena masyarakat bawah banyak yang belum merasakan pembangunan yang dilakukan Pemerintahan Jokowi. Di sisi lain, IPI sangat menghargai dan mendukung langkah Pemerintahan Jokowi-Amin dalam menyusun kabinetnya. "IPI mengapresiasi dan mendukung komposisi kabinet Pemerintahan Jokowi-Amin dan kita akan menjadi mitra kritis bagi pemerintah jika tidak berpihak kepada rakyat kecil," tegas Gus Zaini.

Pada saat yang sama, Executive Vice President Bank BRI, Wibawa Prasetyawan mengatakan, BRI menyambut baik diluncurkannya ipigrosir.com, dan BRI memiliki kewajiban untuk mendukung secara finansial agar aktivitas dalam suatu ekosistem lebih maju.

"Kami berharap dan yakin akan menghasilkan sesuatu yang baik. Kami mempunyai kewajiban bagaimana suatu ekosistem menjadi sehat yang selalu dihiasi aliran barang dan jasa yang lancar didukung finansial yang lancar pula. Ini menjadi suatu komitmen dan tanggung jawab kami dengan keuntungan yang diraih oleh BRI untuk mengembalikan kepada ekosistem agar menjadi maju," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6215 seconds (0.1#10.140)