Eka Tjipta Foundation Dukung Rekonstruksi Paska Bencana di Sulteng

Jum'at, 01 November 2019 - 08:49 WIB
Eka Tjipta Foundation Dukung Rekonstruksi Paska Bencana di Sulteng
Eka Tjipta Foundation Dukung Rekonstruksi Paska Bencana di Sulteng
A A A
JAKARTA - Eka Tjipta Foundation (ETF) bersama mitra lainnya mendukung pembangunan perumahan paska bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng). Kemitraan lintas pihak dalam rekonstruksi pasca bencana alam di Sulawesi Tengah mulai tuntas saat Presiden Joko Widodo meresmikan Perumahan Cinta Kasih di Palu.

Di lokasi, Presiden mengapresiasi kecepatan pembangunan berikut kualitas perumahan, dan menginginkan agar hal ini menjadi contoh bagi inisiatif kemitraan penanganan bencana.

“Kami berharap perumahan yang berada di lokasi terbebas dari potensi bencana ini dapat mengembalikan kualitas kehidupan sosial dan ekonomi warga, sekaligus menjadi salah satu komponen awal pengembangan wilayah pasca bencana,” kata Wakil Ketua Umum Eka Tjipta Foundation (ETF), G. Sulistiyanto yang hadir bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulteng.

Sinar Mas, melalui ETF bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan korporasi lain, masing-masing memberikan dukungan senilai Rp100 miliar bagi pembangunan Perumahan Cinta Kasih yang peletakan batu pertamanya dilakukan 4 Maret silam. Hasil sinergi ini akan membangun 1.500 rumah di Kelurahan Tondo, Kota Palu dan 1.000 lainnya berada di Kabupaten Sigi.

Rumah dibangun di tanah seluas 150m2 dan bangunan berukuran 36m2. Perumahan ini akan dilengkapi dengan klinik, rumah ibadah, sekolah, gedung olahraga, beserta tempat usaha guna mengembalikan denyut aktivitas sosial dan ekonomi warga. Direktur ETF Ardy Chandra mengatakan, Indonesia berada di wilayah rawan bencana sehingga ETF pun menempatkan salah satu program sosialnya berupa pemulihan paska bencana.

Sementara Board Member of Sinar Mas Franky O. Widjaja yang juga Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengatakan, “Kami tak melupakan bahwasanya pertumbuhan dan perkembangan Sinar Mas sekian lama adalah berkat keberadaan serta peran masyarakat. Dukungan ini adalah sebagian langkah kami mengembalikan dukungan dari masyarakat tadi,” katanya.

Bantuan pasca bencana di Sulteng bermula pada 15 Oktober tahun lalu, saat ETF bersama Yayasan Buddha Tzu Chi serta TNI membantu pembangunan rumah tinggal berikut infrastruktur layanan publik di Palu dan Donggala.

Kemitraan tersebut berbentuk pengiriman logistik ke lokasi restorasi yang pengamanannya dilakukan pihak TNI, kemudian berlanjut ke pembangunan infrastruktur yang dimotori oleh unit zeni TNI. Sementara pada Agustus 2019, ETF bersama Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia menyerahkan bantuan mobil tangki kepada PMI untuk kebutuhan air bersih warga di Palu dan Donggala.

Sebelumnya, sepanjang 2019 ETF telah menyalurkan bantuan renovasi sarana pendidikan serta peribadatan di Halmahera, Sentani, serta Pandeglang. Sementara langkah bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menjangkau korban gempa di Sumatera Barat dan Jambi tahun 2010, Tasikmalaya, Jawa Barat tahun 2009, DI Yogyakarta-Magelang tahun 2006, dan Aceh–Nias pasca tsunami tahun 2004.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3976 seconds (0.1#10.140)