Wamenparekraf Angela Dukung Hippindo Bangun Destinasi Belanja Baru di Timur Jakarta

Kamis, 14 November 2019 - 18:48 WIB
Wamenparekraf Angela Dukung Hippindo Bangun Destinasi Belanja Baru di Timur Jakarta
Wamenparekraf Angela Dukung Hippindo Bangun Destinasi Belanja Baru di Timur Jakarta
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung inisiatif Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) yang akan mengembangkan Hippindo City sebagai destinasi wisata belanja baru di Koridor Timur Jakarta.

Destinasi hasil kolaborasi Hippindo dengan pengembang properti Vasanta dan Mitsubishi Corporation ini digadang-gadang menjadi ikon baru yang dapat menarik wisatawan. Selain itu, hadirnya merek-merek lokal sebagai tenant utamanya, dapat mendorong pengembangan sektor ekonomi kreatif, dimana kuliner adalah salah satu subsektornya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia melalui wisata kuliner dan belanja merupakan salah satu wisata yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian di Indonesia.

Merujuk pada data terakhir yang dikeluarkan Bekraf, PDB ekonomi kreatif di Indonesia tahun 2018 mencapai Rp1.105 triliun dimana nilai kontribusi dari kuliner, fesyen dan kriya lebih dari 70%. “Jadi kita bisa melihat bagaimana potensi pengembangan wisata belanja dan kuliner di Indonesia,” ujarnya di sela acara penandatanganan kerjasama antara Hippindo dan Vasanta di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Kamis (14/11/2019).

Angela meyakini bahwa potensi wisata belanja dan kuliner akan dapat terakselerasi ke depannya dengan melibatkan semua stakeholders termasuk Hippindo. Untuk itu, Kemenparekraf mendukung penuh inisiatif strategis Hippindo dan Vasanta sebagai salah satu upaya akselerasi ekosistem ekonomi kreatif nasional.

“Ini juga menjadi upaya kita bersama untuk memberikan prioritas kepada produk dan merek lokal sekaligus meningkatkan aktivitas ritel sehingga menjadi role model bagi para pengembang lainnya untuk mengambil peran dalam wisata belanja merek-merek lokal di berbagai kota dan daerah Indonesia,” tutur anggota termuda di Kabinet Indonesia Maju itu.

Angela melanjutkan, presiden Joko Widodo dalam satu kesempatan mengamanatkan strategi eksekusi untuk memperkuat eksistensi merek-merek lokal di Indonesia, sekaligus mendorong keberadaannya dan daya saingnya di mancanegara.

“Saya ucapkan selamat dan sukses. Semoga dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap perkembangan ekonomi kreatif untuk Indonesia maju,” tandas penyandang gelar Master of Commerce dari University of New South Wales, Australia.

Sementara itu, kerjasama Hippindo dan Vasanta bertajuk rancangan menyulap proyek superblock Vasanta Innopark dengan konsep “The Genuine Integrated Japanese Town in Eastern Corridor”, sebagai sebuah ikon destinasi terbaru di Koridor Timur Jakarta.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo lduansjah menyampaikan, Hippindo City merupakan pilot project tugas dari presiden Joko Widodo. Adanya dukungan langsung dari Kemenparekraf dan Vasanta Innopark diharapkan menjadikan Hippindo City sebagai destinasi wisata belanja baru bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Budiharjo membeberkan, destinasi ini menghadirkan konsep sebagai Kota Jepang asli pertama di Indonesia lewat merek-merek lokal sebagai tenant utamanya, serta Japanese Shopping Street sepanjang 1,5 km berkonsep outdoor yang menjelma sebagai Japanese Night Market pada malam hari dengan lebar jalan 18 meter yang akan melibatkan juga para pelaku usaha kecil menengah (UKM) sehingga kian menambah semarak berwisata dan berbelanja.

“Dengan bantuan Mitsubishi, kami akan merancang kota yang sangat mirip di Jepang dengan sangat detil, taman dan trotoarnya juga standar Jepang. Harus detil karena ritel itu detil. Saya rasa belum pernah peritel diajak kerjasama seperti ini,” tuturnya.

Sales & Marketing Director Vasanta Innopark Ming Liang menambahkan, pihaknya bersama Hippindo dan Kemenparekraf menargetkan Vasanta Innopark sebagai hunian dan kawasan komersial dengan konsep ‘The Genuine Intergrated Japanese Town in Eastern Corridor’ sukses menjadi ikon pariwisata Jepang asli pertama di Indonesia dan mampu menarik kunjungan wisatawan.

“Optimisme tersebut karena melihat lokasi Hippindo City yang sangat strategis yakni tepat di ‘Semanggi Baru Koridor Timur’ dan dilalui lebih dari 650.000 kendaraan setiap harinya,” ungkapnya. Dia menyebut total investasi proyek superblock tersebut senilai Rp15 triliun.

Vasanta Innopark memiliki lebih dari 28 fasilitas serta lokasi yang strategis yaitu tepat berada di hadapan interchange Tol JORR ll yang menghubungkan ke segala penjuru seperti ke Tanjung Priok, Bogor, Cikampek, Jawa, dan Jakarta. Lokasinya yang berada di antara kota-kota besar membuat Vasanta Innopark juga menargetkan wisatawan nusantara dari Jakarta, Bandung dan Bogor.

Terbentuknya destinasi wisata baru ini akan diawali oleh pembukaan Food Junction di dalam kawasan Hippindo City. Proyek destinasi wisata yang ditargetkan selesai pada 2020 ini diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru, menyerap UMKM sehingga memberikan kontribusi bagi perekonomian di Indonesia.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0262 seconds (0.1#10.140)