10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia

Minggu, 24 November 2019 - 08:37 WIB
10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia
10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia
A A A
BERBICARA tentang bisnis keluarga, maka yang muncul dalam benak tak jauh dari bisnis rumahan sederhana seperti kedai pizza rumahan, toko busana atau bahkan restoran sederhana. Namun tahukah Anda ternyata ada begitu banyak perusahaan terbesar di dunia yang ternyata merupakan bisnis keluarga. Perusahaan apa sajakah itu? Berikut 10 perusahaan keluarga terbesar di dunia.
1. Novartis

10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia


Jenis Industri : Perawatan Kesehatan
Negara asal : Swiss
Kapitalisasi Pasar : USD279 miliar
Keluarga : Sandoz

Novartis adalah salah satu pembuat obat terbesar di dunia, didirikan pada 1996 setelah merger antara Sandoz dan Ciba-Geigy. Saat ini, keturunan Edouard Sandoz (yang mendirikan Sandoz pada 1886) memiliki sejumlah besar saham Novartis. Yayasan Keluarga Sandoz adalah pemegang saham tunggal terbesar perusahaan, dan presidennya, Pierre Landolt, duduk di Dewan Direksi Novartis.

2. Roche

10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia


Jenis Industri : Kesehatan
Negara asal : Swiss
Kapitalisasi Pasar : USD254 miliar
Keluarga : Hoffmann-Oeri

Fritz Hofmann-La Roche mendirikan perusahaan sirup obat batuk yang saat ini mengembangkan beberapa obat kanker terbaik di dunia. Ahli warisnya masih mengendalikan setidaknya setengah dari saham perusahaan pengangkut.

Keluarga Hoffmann-Oeri mengendalikan perusahaan melalui kelompok pemilih mereka. Keluarga ini memiliki setidaknya delapan miliarder, termasuk Dr Andreas Oeri dan Andre Hoffmann yang keduanya duduk di Dewan Direksi Pembuat Obat.

3. Walmart
10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia
Jenis Industri : Kebutuhan pokok konsumenNegara asal : Amerika Serikat (AS)
Kapitalisasi Pasar : USD241 miliar
Keluarga : Walton

Keluarga Walton memiliki sekitar setengah dari Walmart melalui Walton Enterprises. Sekitar 50% saham cukup berharga untuk menempatkan lima ahli waris Walton di antara orang-orang terkaya di dunia.

Rob dan Jim Walton duduk di Dewan Direksi perusahaan, dan bersama dengan saudara perempuan Alice dan saudara ipar Christy, masing-masing memiliki kekayaan bersih berkisar sekitar USD35 miliar. Sepupu Ann Walton Kroenke dan Nancy Walton Laurie juga miliarder dari saham perusahaan mereka.

4. Facebook

10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia


Jenis Industri : Teknologi informasi
Negara asal : Amerika Serikat (AS)
Kapitalisasi Pasar : USD225miliar
Keluarga : Zuckerberg

Mark Zuckerberg telah membawa keluarganya ke kerajaan Facebook-nya, yang masih ia miliki di bawah sepertiga. Kakak perempuannya, Randi, adalah seorang eksekutif pemasaran di perusahaan itu sebelum pergi untuk memulai perusahaannya sendiri. Zuckerberg juga memberikan ayahnya 2 juta lembar saham Facebook.

5. Anheuser-Busch InBev
10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia
Jenis Industri : Kebutuhan pokok konsumen
Negara asal : Belgia
Kapitalisasi Pasar : USD197miliar
Keluarga : Lemann, Sicupira, Telles

Grup Private-equity 3G Capital berada di belakang merger 2008 yang mengarah pada penciptaan Anheuser-Busch InBev. Hari ini, Kepala Sekolah 3G Jorge Paulo Lemann - orang terkaya Brasil - adalah pemegang saham pembuat bir terbesar. Rekannya Carlos Sicupira dan Marcel Herrmann Telles juga memegang saham besar di perusahaan. Ketiga pria itu memiliki sekitar 26% saham perusahaan, dan Lemann dan Telles duduk di dewan direksi.

6. Oracle

10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia


Jenis Industri : Teknologi informasi
Negara asal : AS
Kapitalisasi Pasar : USD192miliar
Keluarga : Ellison

Larry Ellison masih Ketua dan Kepala Pejabat Teknologi perusahaan perangkat lunak Oracle yang membantunya menjadi orang terkaya ketiga di AS. Dia mengundurkan diri sebagai CEO pada September 2014. Sementara anak-anaknya, Megan dan David, keduanya memegang saham terbesar Oracle

7. Samsung Electronics
10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia
Jenis Industri : Teknologi informasiNegara asal : Korea Selatan
Kapitalisasi Pasar : USD174miliar
Keluarga : Lee

Lee Kun-Hee ikut membantu menumbuhkan perusahaan ayahnya, Samsung Group, menjadi konglomerat global. Dia adalah ketua bisnis unggulan, Samsung Electronics, sementara putranya (dan penerus yang diharapkan) Jay Y Lee adalah wakil ketua. Anak perempuan Boo-Jin dan Seo-Hyun juga memegang peran eksekutif dalam perusahaan.

8. Volkswagen

10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia


Jenis Industri : AutomotifNegara asal : Jerman
Kapitalisasi Pasar : USD120miliar
Keluarga : Piech-Porsche

Banyak anggota keluarga Piech-Porsche bersama-sama memegang saham mayoritas di Volkswagen melalui perusahaan Porsche Automobile Holding. Piech-Porsches adalah keturunan pendiri Porsche Ferdinand Porsche, yang juga anggota partai Nazi dan merancang Volkswagen pertama untuk Adolf Hitler.

Hari ini setidaknya lima anggota keluarga duduk di dewan Volkswagen. Merek-merek Volkswagen termasuk Porsche, Audi, dan Bentley.

9. Kinder Morgan
10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia
Jenis Industri : EnergiNegara asal : AS
Kapitalisasi Pasar : USD90miliar
Keluarga : Kinder

Setelah meninggalkan Enron, Richard Kinder mendirikan Kinder Morgan pada 1997. Dengan portofolio besar jaringan pipa minyak dan gas, perusahaan ini adalah salah satu yang terbesar di dunia. Kinder dan istrinya Nancy adalah dermawan besar Universitas Houston melalui Yayasan Kinder mereka.

10. Nike

10 Perusahaan Keluarga Terbesar di Dunia


Jenis Industri : Pakaian olahraga
Negara asal : AS
Kapitalisasi Pasar : USD88,2 miliar
Keluarga : Knight

Sumber: www.businessinsider.com
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4269 seconds (0.1#10.140)