5 Tips Bebas dari Hutang dalam 30 Hari

Minggu, 24 November 2019 - 09:49 WIB
5 Tips Bebas dari Hutang dalam 30 Hari
5 Tips Bebas dari Hutang dalam 30 Hari
A A A
JAKARTA - Terjerat hutang kerap membuat hidup tidak tenang. Meskipun berhutang pada teman dekat, tetap saja ada rasa resah. Apalagi jika Anda meminjam dari rentenir, bersiaplah menanggung tagihan berbunga tinggi.

Jangan larut dalam keresahan, berikut tips-tips membebaskan Anda dari hutang dalam waktu 30 hari yang dikutip dari Sahabat Pegadaian:

1. Gadaikan Barang Berharga untuk Kegiatan Produktif

Apakah Anda memiliki bisnis yang dapat dikembangkan? Kalau iya, coba gadaikan barang berharga Anda, semisal emas, di lembaga formal pinjaman uang. Lalu, gunakan dana gadai untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Dengan demikian, Anda bisa membayar hutang dari penghasilan tambahan.

2. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Anda sering nongkrong di kafe mahal atau belanja barang mewah? Sadar atau tidak, kebiasaan itu bisa menguras tabungan. Dampaknya, hutang Anda bisa semakin menumpuk demi memenuhi gaya hidup tersebut.

Jadi, solusinya, ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sederhana. Sebagai contoh, daripada nongkrong di kafe mahal, lebih baik makan di warung lokal. Sementara uang belanja barang mewah, alihkan untuk menabung.

3. Cari Kerja Sambilan

Gaji pokok Anda tidak cukup untuk melunasi hutang yang menumpuk? Solusinya, carilah pekerjaan sampingan dengan penghasilan tinggi. Contohnya, menjadi marketing affiliate, penulis artikel, dan youtuber.

4. Hindari Kartu Kredit

Siapa bilang punya kartu kredit bisa membebaskan Anda dari hutang? Faktanya, kartu kredit semakin menjerumuskan Anda pada hutang. Hal itu karena bunga kartu kredit relatif tinggi dan tagihannya menumpuk di akhir bulan.

5. Jual Barang yang Tidak Digunakan

Anda punya banyak tas mahal? Jika dijual kembali, tas tersebut harganya pasti tinggi. Tidak masalah kehilangan beberapa tas, asalkan hutang lunas. Begitu pula jika Anda punya jam tangan bernilai jutaan rupiah, jangan ragu menjual untuk membayar hutang.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8394 seconds (0.1#10.140)