Wahai Milenial, Ini 5 Pekerjaan Paling Hot Versi Nadiem Makarim

Minggu, 19 Januari 2020 - 11:39 WIB
Wahai Milenial, Ini 5 Pekerjaan Paling Hot Versi Nadiem Makarim
Wahai Milenial, Ini 5 Pekerjaan Paling Hot Versi Nadiem Makarim
A A A
JAKARTA - Bekerja merupakan suatu kebutuhan bagi setiap orang agar mampu memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Beberapa pekerjaan tersebut memiliki tanggung jawab dan resikonya masing-masing.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyebut setidaknya ada lima pekerjaan yang dianggap paling hot di Indonesia saat ini, tercermin dari tingginya minat pada pekerjaan ini.

"Saya jamin siapa pun yang di bidang analist, researcher, UX design, software engineer, atau product management, itu nggak mungkin nggak dapat kerjaan," kata Nadiem saat menjadi pembicara pada Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020 di Jakarta, Jumat (17/1/2020). "Itu adalah lima job yang paling hot di Indonesia saat ini," imbuh mantan CEO Gojek itu.

Meskipun lima pekerjaan ini diminati, kata dia, sayangnya kemampuan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia perlu ditingkatkan. Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah yang bakal dilakukan oleh Nadiem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sayangnya masih sulit mendapatkan jenis pekerjaan itu karena harus ada pelatihan khusus. Makanya harus dilatih lagi di perusahaan," tandasnya.

Berikut rincian dan tugas lima jenis pekerjaan paling hot ala Nadiem Makarim :

1. Analist

Job Analist bisa dikatakan sebagai sebuah proses yang melakukan eksplorasi secara sistematis di dalam suatu jabatan. Serta melakukan studi dan pencatatan tanggung jawab, tugas, keterampilan yang harus dimiliki, akuntabilitas, lingkungan kerja dan persyaratan kemampuan yang dibutuhkan pada pekerjaan atau jabatan tersebut untuk kepentingan Manajemen SDM.

Artinya, semua faktor yang dibutuhkan oleh pekerjaan dan apa yang harus dimiliki oleh seorang karyawan yang mengisi jabatan atau pekerjaan tersebut agar dapat bekerja secara produktif harus diidentifikasikan secara sistematis, jelas dan rinci dalam Analisis Jabatan ini.

2. UX Design

UX Desain ini merupakan pekerjaan yang saat ini digandurungi milenial. Hal ini seiring banyak sekali perusahaan digital yang membuka layanannya lewat aplikasi atau web.

Demi kenyamanan pelanggan, aplikasi atau web itu harus didesain dengan baik. Tak hanya dari segi estetikanya saja tetapi juga dari segi fungsi, interaksi, dan penggunaan. Karena itulah, seorang desainer user interface/user experience sangat dibutuhkan.

3. Researcher

Menjadi seorang peneliti atau researcher tidaklah mudah dan juga perlu konsistensi. Syarat utama menjadi seorang researcher adalah mereka harus punya rasa ingin tahu yang tinggi. Pasalnya, tugas researcher adalah menganalisa informasi baru kemudian disampaikan kepada yang berhak, misalnya klien.

4. Software Engineer

Software engineering adalah pekerjaan analisis kebutuhan dan desain pengguna, konstruksi dan uji aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui penggunaan bahasa pemrograman. Secara garis besar, software engineering bisa diartikan sebagai penerapan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak.

Berbeda dengan pemrograman sederhana, software engineering digunakan untuk sistem aplikasi yang lebih besar dan kompleks. Umumnya, proses ini digunakan untuk kebutuhan bisnis dan organisasi.

5. Product Management

Product management adalah sebuah bidang yang telah ada sejak sekitar 15 tahun yang lalu. Bidang ini semakin banyak diminati, karena pertumbuhan teknologi yang semakin pesat di dunia bisnis.

Adapun inti dari pekerjaan Product Manager adalah menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik, begitu pula dengan strategi bisnis dari produk tersebut.

Oleh karena itu, menjadi seorang Product Manager harus memahami seluruh aspek bisnis suatu perusahaan. Dengan demikian, bisa mulai mengatur seluruh aspek kerja tim, dalam perusahaan tempatnya bekerja. Ini semua demi menghasilkan suatu produk yang berkualitas tinggi, sesuai standar perusahaan, dan sukses di pasaran.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5030 seconds (0.1#10.140)