Kompak dengan Kemendag, Kementan Perketat Impor dari China

Senin, 27 Januari 2020 - 14:38 WIB
Kompak dengan Kemendag, Kementan Perketat Impor dari China
Kompak dengan Kemendag, Kementan Perketat Impor dari China
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mewaspadai produk impor asal China, khususnya makanan, karena dikhawatirkan sudah terkontaminasi oleh virus corona yang tengah mengganas di negara tersebut. Sebagai informasi, virus corona diketahui juga bisa disebarkan lewat makanan.

"Ya kita mewaspadai semua jenis yang masuk dalam makanan dan lain-lain, dan memang untuk sementara impor-impor itu dikatakan hampir tidak kita lakukan lagi," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Senin (27/1/2020). (Baca Juga: Virus Corona Bikin Buah Lokal Jadi Primadona)

Dia menambahkan, pihaknya sudah memperketat beberapa pintu masuk barang impor. Pengetatan ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
"Kita hanya melakukan katakanlah pengetatan pintu masuk kita terhadap semua impor yang tentu saja dalam antisipasi kita terhadap daerah tertentu atau negara tertentu yang kemungkinannya sudah terkontaminasi hal itu," jelas Syahrul.

Kedanti demikian, Syahrul meminta masyarakat agar tidak panik terkait upaya pencegahan virus corona ini. Pemerintah, tegas dia, saat ini sudah mengantisipasi wabah asal Wuhan ini. "Oleh karena itu kekhawatiran yang berlebihan juga tidak perlu. Tapi, antisipsasi-antisipasi tentu kita harus lakukan," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5738 seconds (0.1#10.140)