Sukses di Dunia Entertaint, Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad Makin Berkibar

Sabtu, 29 Februari 2020 - 11:29 WIB
Sukses di Dunia Entertaint, Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad Makin Berkibar
Sukses di Dunia Entertaint, Kerajaan Bisnis Raffi Ahmad Makin Berkibar
A A A
JAKARTA - Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai seorang seniman karena karier cemerlangnya di dunia hiburan mulai akting hingga menjadi pembawa acara. Namun, dia juga mulai diakui sebagai entrepreneur andal.

Bergelut di industri hiburan membuatnya paham mengalirkan rezeki dengan mengandalkan nama besarnya. Termasuk menjadi brand ambassador dan endorse produk yang ditampilkan di media sosial yang dikelola dengan baik oleh manajemen profesional yang dibentuknya.

Channel YouTube Raffi misalnya, sudah di-subscribe 12,3 juta orang atau nomor 5 terbanyak di Indonesia. Sementara Facebook-nya memiliki 5,7 juta teman, Line 1,2 juta pengikut, Instagram 37,5 followers, atau terbanyak nomor 2 di Indonesia.

Sematan Youtuber kondang pun kini menjadi predikat barunya. Bersama sang istri, Nagita Slavina, mereka sukses menciptakan konten-konten seru hingga YouTube mereka menjadi ladang pundi-pundi rupiahnya.

Raffi juga menjelma menjadi sosok entrepreneur dengan brand RANS yang merupakan singkatan namanya, RAffi Ahmad (RA) dan Nagita Slavina (NS). Bisnis yang dijalaninya mulai busana, kuliner, kecantikan, farmasi, automotif, hingga membuat rumah produksi dan manajemen artis.

Raffi kini bukan hanya terkenal, melainkan juga disebut-sebut sebagai seorang miliarder. Konon, liburan keliling dunia yang dilakukannya selama tiga bulan menghabiskan dana miliaran rupiah.

Kesuksesannya itu harus menjadi inspirasi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis. Raffi yang sudah dikenal seluruh penjuru Indonesia pun tidak kenal lelah untuk menjadi pengusaha di bidang yang digelutinya. Tidak heran Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menggandengnya untuk mempromosikan UKM di Indonesia.

Semangat berbisnis Raffi pun harus ditularkan oleh para pengusaha UKM. Bapak satu anak ini mendukung untuk mempromosikan UKM dalam tur bertajuk Rans Carnival yang akan digelar di 14 kota, dimulai 27-29 Maret 2020 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Dukungan Raffi pun nyata dengan memasarkan produk UKM yang ikut serta dalam Carnival Rans melalui YouTube, Instagram, dan media sosialnya. Secara tidak langsung, dia akan menjadi influencer atas produk-produk UMKM. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pun mengaku senang berkolaborasi dalam Rans Carnival untuk mempromosikan produk UKM.

Ditemui seusai konferensi pers Rans Carnival di Smesco Indonesia, Jakarta, Rabu (26/2), Raffi mengatakan senang terlibat dalam memajukan UKM di Indonesia. Dia berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya mendorong UKM naik kelas melalui Rans Carnival.

"Saya akan berbagi tips kepada pengunjung khususnya penggiat UKM bagaimana memasarkan produk-produknya melalui media digital seperti media sosial," ungkapnya.

Raffi ingin mengajak pelaku UKM khususnya generasi muda mengikuti dan menggunakan media digital sebagai sarana untuk membesarkan usaha. "Mereka harus mulai melek teknologi dan harus pintar membaca peluang agar produk-produknya diminati masyarakat," tandasnya.

Raffi mengatakan, untuk memulai bisnis harus mengetahui apa yang disenangi dan disukai konsumen. "Saya pernah buat bisnis bakmi, karena Nagita suka makan bakmi jadi kita tahu apa yang enak dan kami coba untuk produk kami," ungkap bapak dari Rafathar ini.

Perencana Keuangan Melvin Mumpuni menyatakan Raffi sudah menjalankan bisnis sesuai kemampuannya. Bisnis yang akan sukses bagi Raffi adalah yang berhubungan dengan pengalaman pribadinya. Jam terbang tinggi di industri hiburan membuatnya menjadi sosok ahli untuk membuat konten dan mengorbitkan artis baru ataupun memanajeri artis. Tepat sekali jika dia membuat rumah produksi dan manajemen artis.

"Membuat bisnis yang pertama harus bisa melihat masalah dan membuat pemecah masalah tersebut. Kemudian baru membuat produk bisnisnya," ungkap pendiri perusahaan keuangan berbasis teknologi, Finansialku.

Raffi sudah paham apa yang menjadi masalah di bisnis keartisan sehingga akhirnya dia membuat manajemen artis dan rumah produksi. Begitu juga dengan masalah apa yang membuat penonton Indonesia jenuh dengan tontonan di TV membuat Raffi membuat konten di YouTube yang ternyata sangat digemari masyarakat Tanah Air. (Ananda Nararya)

Bisnis-Bisnis Raffi

1. Clothing Line: RA Jeans, Mukena, Hijab
2. Kuliner: Bakmi RN, Raden Food, Snack Chipstaro, Snack KingKong, Gigieat Cake, RA Street Cafe, Mango Bomb, Bugo Krezz, Kopi Mertua
3. Properti : Rans Living
4. Beauty : Rans Masker, Body spray RaffiNagita, Nagita Slavina Cosmetic
5. Automotif: Ridis Bikerzz
6. Medis: Tenangin
7. Entertainment : RA Picture, Rans Publisher, Rans Music, Rans Entertainment, Manajemen artis The Legend
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4614 seconds (0.1#10.140)