The Fed Pangkas Suku Bunga Acuan, Sri Mulyani Pede Aliran Modal Asing Deras

Rabu, 04 Maret 2020 - 16:23 WIB
The Fed Pangkas Suku Bunga Acuan, Sri Mulyani Pede Aliran Modal Asing Deras
The Fed Pangkas Suku Bunga Acuan, Sri Mulyani Pede Aliran Modal Asing Deras
A A A
JAKARTA - Menanggapi langkah The Fed alias Bank Sentral Amerika Serikat (AS) yang memangkas suku bunga acuan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyakini bisa menambah deras aliran modal asing yang masuk ke Tanah Air. Seperti diketahui The Fed baru saja menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin ke kisaran 1% sampai 1,25%.

"Karena dengan suku bunga turun dari luar, maka capital inflow yang ada menjadi lebih mampu melihat secara realistis kesempatan di negara seperti kita karena Indonesia relatif cukup positif," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Lebih lanjut Ia mengaku, sudah memprediksi sebelumnya karena penurunan suku bunga ini sudah dibahas di pertemuan G-20. Hal ini tentunya merespon penurunan pertumbuhan ekonomi global di tengah penyebaran wabah virus corona yang terus meluas.

Sri Mulyani juga menyebut langkah stimulus telah diberikan pemerintah kepada pengusaha melalui ragam insentif untuk bisnis dan sektor pariwisata. "Kami lakukan nanti, kita akan kasih lewat jalur lain mana yang lebih efektif," jelas mantan Direktur Bank Dunia itu.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi aliran modal asing keluar atau nett outflow sebesar Rp 30,8 triliun dari pasar keuangan Indonesia sepanjang Februari, seiring dengan mewabahnya virus corona di dunia. Nilai tukar rupiah juga sempat melemah hingga ke level Rp14.500 per dolar AS.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3858 seconds (0.1#10.140)