alexametrics

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak

loading...
A+ A-
BANYAK anak orang kaya sejak kecil dipersiapkan mewarisi harta atau melanjutkan bisnis orang tuanya. Namun sejumlah miliarder, pebisnis, dan artis ternama dunia ini enggan mewarisi kekayaan mereka pada keturunannya.

Beberapa lebih memilih menyumbangkan uangnya ke organisasi amal meski tetap memberikan harta untuk anak-anaknya dengan persentase secukupnya. Mereka ingin anak-anaknya mendapatkan uang sendiri dan bekerja keras untuk kehidupan mereka sendiri.

1. Bill dan Melinda Gates



Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD113 miliar
Sumber kekayaan : Microsoft

Bill dan Melinda Gates mendirikan yayasan pada 2000, dengan tujuan mengurangi kemiskinan dan memperluas peluang pendidikan. Pasangan Gates dikenal sebagai dermawan dan pada 2010 mereka memulai tren " The Giving Pledge" .

Mereka berjanji menyumbangkan setengah kekayaan mereka untuk amal dan menginspirasi orang kaya lainnya melakukan hal sama. Pasangan Gates memiliki tiga anak, Jennifer, Rory, dan Phoebe. Dan meski Bill telah berjanji membiayai pendidikan anak-anaknya, pendiri Microsoft Corporation itu ingin mereka membangun karier mereka sendiri dan menemukan pekerjaan mereka sendiri.

2. Warren Buffet

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak
Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak
Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD88,8 miliar
Sumber kekayaan : Berkshire Hathaway

Buffett menjadikan namanya sebagai investor dan menjabat sebagai CEO dan ketua Berkshire Hathaway, yang memiliki atau memegang saham di puluhan perusahaan termasuk Kraft Heinz, American Express, Duracell, dan bahkan Apple. Buffett dinobatkan sebagai "salah satu investor paling sukses sepanjang masa" oleh Forbes.Buffett adalah seorang filantropis yang tajam dan berencana menjaminkan 100% dari kekayaannya yang besar untuk berbagai badan amal ketika ia meninggal, tanpa meninggalkan apa pun bagi anak-anaknya.
3. Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD72 miliarSumber kekayaan : Facebook
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan menulis di Facebook pada tahun 2015 bahwa mereka berniat untuk meninggalkan kekayaannya untuk amal bukan kepada kedua putrinya Max dan August, "karena kami memiliki tanggung jawab moral untuk semua anak di generasi berikutnya." ujar keduanya.

Pasangan itu juga telah berjanji bahwa setelah meninggal, mereka akan menyumbangkan 99% saham Facebook mereka (sekitar USD45 juta) ke Zuckerberg Foundation.

4. Michael Bloomberg

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD54 miliarSumber kekayaan : Media keuangan
Calon presiden Amerika Serikat (AS) Michael Bloomberg yang juga seorang miliarder juga berencana memberikan kekayaannya untuk amal, bukan kepada putrinya. Mantan Wali Kota New York ini menyatakan dalam suratnya bahwa ia akan menyumbangkan sekitar USD34 miliar kekayaannya untuk Bloomberg Philanthropic Foundation.

Dia juga menyebutkan tidak akan mewariskan kekayaannya kepada kedua putrinya. " Jika Anda ingin melakukan sesuatu untuk anak-anak Anda dan menunjukkan betapa Anda mencintai mereka, satu-satunya hal terbaik - sejauh ini - adalah mendukung organisasi yang akan menciptakan dunia yang lebih baik bagi mereka dan anak-anak mereka."

5. Laurene Powell Jobs

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD24 miliarSumber kekayaan : Warisan, investasi di Apple dan The Walt Disney Company
Laurene Powell Jobs mengatakan bahwa status miliarder keluarganya "berakhir dengan saya". Laurene mewarisi kekayaan miliaran dolar dari almarhum suaminya, salah seorang pendiri Apple, Steve Jobs. Miliarder berusia 56 tahun ini hadir di dunia investasi dan filantropis penuh waktu.

Dia adalah pendiri College Track, sebuah organisasi nirlaba yang membantu mempersiapkan siswa berpenghasilan rendah untuk pendidikan tinggi, dan "organisasi perubahan sosial", Emerson Collective. Jobs memiliki tiga anak yakni Reed, Erin, dan Eve.

6. George Lucas

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD6,4 miliarSumber kekayaan : Film
Sutradara "Star Wars" George Lucas berencana menggunakan kekayaan miliaran USD dirinya untuk mendanai pendidikan anak-anak orang lain. Pada 2010, Lucas membuat pengumuman bahwa ia akan mengikuti langkah Bill dan Melinda Gates dengan The Giving Pledge-nya.

Dia berjanji akan menyumbangkan setengah dari kekayaannya untuk amal ketika ia meninggal. Ayah empat anak ini memiliki satu putri adopsi dari pernikahan pertamanya, dua anak adopsi lebih lanjut, dan putri keempat dengan istri kedua Mellody Hobson, lahir pada Agustus 2013.

7. Sir Andrew Lloyd Webber

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : 820 juta pounsterling (USD1,07 miliar)Sumber kekayaan : Teater
Komposer Inggris ini telah menghasilkan banyak uang berkat beberapa lagunya, seperti Evita, Cats, The Phantom of the Opera, dan banyak lagi. Meskipun ia memiliki kekayaan USD1,07 miliar, Sir Andrew tidak memiliki rencana mewariskan kekayaannya kepada kelima anaknya.

Andrew justru merasa berhutang budi kepada komunitas opera dan teater. "Saya merasa berhutang dan itu sangat besar karena kesuksesan tidak hanya di Inggris tapi juga di seluruh dunia," katanya kepada The Daily Mail. Ia percaya bahwa jauh lebih penting bagi kelima anaknya memiliki etika kerja solid ketimbang menunggu warisan kekayaan darinya.

8. Elton John

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD450 juta (2014)
Sumber kekayaan : Musik

John memiliki dua anak laki-laki, Elia dan Zachary. Tetapi dengan kekayaan bersih sebesar USD450 juta, pelantun " Rocket Man" ini menganggap meninggalkan warisan melimpah tidak baik bagi anak-anak. Penyanyi Inggris itu percaya bahwa memberi anak-anak sendok perak itu mengerikan. "Tentu saja, aku tetap akan memberi mereka kehidupan finansial yang stabil. Tapi memanjakan mereka dengan harta warisan melimpah adalah sebuah tindakan yang buruk,” ujarnya.

9. Sting

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD300 juta (2014)
Sumber kekayaan : Musik

Sting mengatakan dia berencana untuk menghabiskan uangnya daripada menyerahkannya kepada enam anaknya. Vokalis grup The Police dan ayah dari enam anak ini akan menghabiskan seluruh kekayaannya dan mungkin tidak akan bisa mewariskan apapun untuk anak-anaknya karena 'tidak ada yang tersisa'.

"Saya mengatakan kepada anak-anak bahwa tidak akan ada banyak uang yang tersisa karena kita telah menghabiskannya! Kita memiliki banyak komitmen. Apa yang masuk, kita habiskan, dan tidak banyak yang tersisa," kata Sting kepada The Daily Mail.

10. Ashton Kutcher

Para Miliarder yang Ogah Wariskan Harta ke Anak


Kekayaan bersih : USD200 jutaSumber kekayaan : Film, modal ventura
Aktor Hollywood, Ashton Kutcher mengatakan tidak akan menyiapkan dana perwalian untuk anak-anaknya. Pada episode podcast Dax Shepard "Pakar Kursi," Kutcher mengatakan dia tidak menciptakan dana perwalian untuk dua anaknya dengan istrinya, Mila Kunis.

Dia juga mengatakan akan mendengar ide bisnis mereka tetapi tidak akan memberi mereka perlakuan khusus dari bisnisnya perusahaan modal ventura, A-Grade Investments. "Anak-anak saya menjalani kehidupan yang sangat istimewa, dan mereka bahkan tidak mengetahuinya," kata mantan suami aktris Demi Moore ini.

Sumber: www.businessinsider.com
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top