Tips Kelola Keuangan Kunci Setop Gaya Hidup Boros dan Duniawi

Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:27 WIB
A A A
Bijak Memanfaatkan THR dan Bonus

Bonus performa kerja, THR ataupun asupan dana dari orang tua memang selalu dinanti dan sangat membantu. Namun jangan terbuai dan menggunakan bonus dengan tidak bijak. Sebaiknya, tantanglah diri untuk menahan diri dari nafsu menghabiskan bonus seketika. Simpan bonus di awal untuk menabung dan investasi. Percaya lah, kamu bisa tersenyum di akhir bulan hingga masa mendatang atau mendengar curhatan teman yang tengah mengalami kesulitan keuangan karena gaya hidup hedonis jika mengecek nominal tabungan.

Selain itu, untuk kebutuhan sehari-hari pastikan kamu menggunakan uang bulanan secara bijak Sisihkan 10% dari gaji kamu untuk menguatkan pondasi keuangan kamu secara lebih baik.

Terapkan Prinsip Berhemat Ala China

Warga China sangat terkenal pandai berhemat. Bahkan, mereka dikenal tak akan berfoya-foya sebelum mencapai keuangan yang sehat. Prinsip ini ada baiknya untuk diikuti. Hitungannya, kamu bisa berjuang dua sampai tiga bulan, untuk memenuhi target dan kebutuhan di masa mendatang. Ketika mendapatkan penghasilan, mereka tak segan-segan menyisihkan sebagian besar uang mereka untuk menabung atau pun berinvestasi. Bahkan, mereka tak segan akan menyisihkan penghasilannya hingga 50% untuk berinvestasi.

Selain berani berkorban, kunci sukses mereka adalah kedisiplinan dan komitmen. Sebelum mereka mencapai apa yang ditargetkan, masyarakat yang terkenal gigih dalam bekerja ini akan menjaga komitmennya. Dengan cara ini, diharapkan kamu bisa mengumpulkan dana yang cukup besar di masa mendatang. Dengan itu, menjadi sultan di suatu saat nanti bukanlah hal yang tidak mungkin.
(aww)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1221 seconds (11.252#12.26)