Situs Kartu Prakerja Resmi Diluncurkan

Jum'at, 20 Maret 2020 - 11:08 WIB
Situs Kartu Prakerja Resmi Diluncurkan
Situs Kartu Prakerja Resmi Diluncurkan
A A A
JAKARTA - Pemerintah resmi meluncurkan situs Kartu Prakerja yang dapat diakses di seluruh Indonesia. Di tengah imbauan pemerintah untuk melakukan aktivitas dari rumah, termasuk belajar, Kartu Prakerja diharapkan dapat membantu tenaga kerja yang terdampak Covid-19 untuk meningkatkan keterampilan melalui berbagai jenis pelatihan secara daring (online) yang dapat dipilih sesuai minat mereka masing-masing.

Selain dapat diakses pada www.prakerja.go.id, informasi mengenai Kartu Prakerja dan pelatihan yang tersedia juga dapat diakses melalui delapan platform digital milik mitra resmi Pemerintah. Registrasi untuk Kartu Prakerja baru akan dibuka pada awal April 2020.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 untuk mendapatkan skill baru.

"Ini meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni (upskilling), atau di bidang yang baru (reskilling)," ujar Airlangga di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menambahkan bahwa Kartu Prakerja diprioritaskan untuk pencari kerja muda. "Dengan bantuan dari pemerintah, diharapkan tenaga kerja muda dapat lebih kompeten, berdaya saing, dan produktif. Selain itu, dengan memilih sendiri pelatihan yang diminati juga dapat mendorong Indonesia menjadi bangsa pembelajar," tuturnya.

Sementara, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan kartu Prakerja adalah inovasi pelayanan publik dari pemerintah. "Melalui platform digital ini, masyarakat diharapkan lebih mudah mengakses pelatihan yang diminati. Kami menggandeng berbagai platform digital di Indonesia sebagai mitra resmi agar dapat menjangkau lebih banyak lagi pencari kerja," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2962 seconds (0.1#10.140)