Erick Thohir Putar Otak Akali Utang Garuda Indonesia

Jum'at, 20 Maret 2020 - 17:27 WIB
Erick Thohir Putar Otak Akali Utang Garuda Indonesia
Erick Thohir Putar Otak Akali Utang Garuda Indonesia
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memantau ketat dampak penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap kinerja perusahaan pelat merah. Salah satu perusahaan yang paling disorot adalah Garuda Indonesia, mengingat utang perseroan berpotensi terus membengkak di tengah kondisi saat ini.

"Nah kalau utang sendiri tentu ada satu perusahaan yang kondisinya hari ini berat secara industri yaitu di penerbangan. Itu sudah global, semua orang bisa lihat. Jadi bukan sesuatu yang ditutupi," kata Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Erick Thohir mengaku sudah mengambil sejumlah langkah seperti negosiasi mengenai utang. Dikatakan olehnya, negosiasi ini dilakukan secara menyeluruh di semua sektor yang terkait dengan Garuda Indonesia.

"Tadi saya juga bilang bagaimana bank-bank Himbara ikut membantu sektor-sektor termasuk penerbangan. Ini hal yang sudah kita antisipasi. Hasilnya belum bisa saya kasih tahu, tapi Garuda salah satunya yang sedang kita fokuskan," katanya.

Adapun kinerja BUMN lain, dia mengaku belum terlalu khawatir. Termasuk perusahaan yang banyak mendapat tugas dari pemerintah untuk menunjang kegiatan di masyarakat.

"Untuk yang lainnya kan rata-rata utang bank. Kalau bank pasti berproses, berputar saja. Yang lainnya cukup aman. Kalau ada hubungannya dengan pemerintah, seperti PLN atau yang bersubsidi-subsidi itu bukan termasuk utang, hanya masalah cashflow," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5614 seconds (0.1#10.140)