7 Tips Work From Home Agar Tetap Produktif

Sabtu, 21 Maret 2020 - 11:37 WIB
7 Tips Work From Home Agar Tetap Produktif
7 Tips Work From Home Agar Tetap Produktif
A A A
JAKARTA - Work from home (bekerja dari rumah) kini menjadi pilihan cara kerja sebagian besar masyarakat di Jakarta dan sekitarnya demi mencegah penyebaran pandemi virus corona. Pilihan bekerja dari rumah seiring pengumuman dari Presiden Joko Widodo.

Pengumuman Presiden ini diikuti oleh perusahaan BUMN dan swasta yang berbondong-bondong memerintahkan karyawannya untuk bekerja dari rumah, untuk mencegah penyebaran virus corona. Work from home bisa berlangsung berminggu-minggu, sampai pandemi virus corona dapat diatasi.

Pengamat kesehatan keuangan masyarakat, Hasbullah Thabrany, mengatakan work from home bisa sangat menantang, terutama bagi karyawan yang belum pernah punya pengalaman membawa pulang pekerjaan kantornya. Namun jika menyepelakan work from home ini membuat anda bakal mengalami kesulitan.

Pasalnya jika hasil tidak memuaskan, bisa saja Anda mendapatkan kritikan. "Bekerja dari rumah saat ini demi mencegah Anda dari pademi, namun harus tetap produktif sehingga perusahaan tetap puas dengan hasil pencapaian Anda," ujar Hasbullah saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Ia pun memberikan 7 tips work from home agar tetap produktif. Berikut tipsnya:

1. Pastikan koneksi internet lancar
Pastikan koneksi internet Anda lancar. Karena semua pekerjaan dilakukan secara online maka koneksi internet menjadi kunci utama saat work from home. Jika Anda sudah berlangganan internet kabel tidak perlu khawatir, tetapi untuk Anda yang menggunakan jaringan selular pastikan koneksinya lancar.

"Koneksi yang dilakukan pun harus aman, karena work from home mengerjakan pekerjaan kantor yang bersifat penting. Apalagi yang berhubungan dengan data-data sensitif seperti data pelanggan, keuangan dan sejenisnya," katanya.

2. Laptop aman
Laptop untuk bekerja pastikan normal tidak mengalami kendala yang berarti. Kalau bisa laptop yang digunakan adalah yang biasa dipakai saat bekerja di kantor. Jadi semua aplikasi yang sering digunakan lengkap tidak perlu install-install lagi. Selain itu pastikan data-data penting yang ada di laptop semuanya juga lengkap.

3. Komunikasi dengan tim
Komunikasi ini menjadi suatu hal yang krusial dalam produktivitas work from home. Jika saat bekerja di kantor dengan mudah bisa memanggil atau diskusi secara langsung dengan rekan satu tim. Tetapi saat Anda bekerja dari rumah, Anda perlu menggunakan aplikasi komunikasi online antar tim.

4. Buat meja kerja yang nyaman
Membuat meja kerja senyaman mungkin. Tujuannya agar Anda tidak bosan bekerja dengan suasana yang berbeda dari meja kerja kantor biasanya. Jangan lupa untuk gunakan kursi kerja yang nyaman agar tidak mudah capek.

"Tidak disarankan saat work from home dengan lesehan atau rebahan, biasanya tidak akan bertahan lama setelah itu akan timbul rasa ngantuk," jelasnya.

5. Buat target
Kerja tidak memiliki target yang jelas pasti tidak maksimal, yang ada malah banyak malas-malasanya. Untuk sistem working from home ini Anda bisa menggunakan aplikasi kolaborasi untuk bekerja.

"Jadi bisa memantau kinerja tim dalam satu dashboard saja, jadi akan kelihatan mana yang sesuai target mana yang belum," jelasnya.

6. Atur jam kerja
Waktu adalah kunci dari produktivitas saat melakukan work from home. Gunakan alarm supaya lebih konsisten. Selain itu, juga bisa mengatur jam kerja kita sendiri, karena waktu lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan.

"Dengan menjaga jam kerja, kita bisa mempertahankan konsistensi dan juga fokus dalam menyelesaikan pekerjaan," katanya.

7. Istirahat yang cukup
Beristirahat sangat penting untuk otak yang aktif bekerja. Apalagi, jika kita sudah menggunakannya untuk berkonsentrasi selama 4 jam non-stop. Hal tersebut bisa membuat Anda jadi frustasi. Istirihat yang cukup membantu memperlancar peredaraan darahmu dan mendapat motivasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

"Pastikan kamu bangun dari tempatmu bekerja untuk makan camilan, menelepon teman, menonton televisi atau menghirup udara segar," sarannya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4413 seconds (0.1#10.140)