Kadin dan Buddha Tzu Chi Dukung BUMN Tangani Covid-19

Selasa, 24 Maret 2020 - 23:19 WIB
Kadin dan Buddha Tzu Chi Dukung BUMN Tangani Covid-19
Kadin dan Buddha Tzu Chi Dukung BUMN Tangani Covid-19
A A A
JAKARTA - Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bergotong royong mendukung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menangani pandemi virus corona, dengan menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada pemerintah.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan sangat berterimakasih atas bantuan dari Kadin dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

"Saya terharu karena Indonesia di saat seperti ini tetap menunjukkan gotong royongnya, ini yang menjadi kekuatan bangsa kita. Saya berterima kasih kepada Kadin dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia," ujar Erick di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Erick mengatakan penyebaran virus corona yang cepat dan tak memilih korbannya mengingatkan kita akan pentingnya menggalang solidaritas dalam penanganan pandemi ini.

"Kami melihat Kementerian BUMN yang membawahi sejumlah entitas pelayanan publik musti mendapatkan dukungan," katanya.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani berharap lebih banyak lagi sektor swasta yang turut bergabung dalam donasi yang berlangsung secara bertahap. Adapun perusahaan yang berkomitmen hari ini adalah Ciputra Group, First Resources Ltd, Mulia dan Wilmar International.

"Kami berharap, donasi berbagai perusahaan mampu menggalang pendanaan hingga sebesar Rp500 miliar, akan sangat baik jika mencapai lebih dari itu," kata Rosan.

Secara berkala pihaknya akan melaporkan perkembangan donasi kepada Presiden Joko Widodo. Sementara Sulistiyanto yang mengkoordinasikan inisiatif ini menyatakan Pemerintah memfasilitasi mereka lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan guna penanganan pandemi yang lebih cepat, aman dan menyeluruh.

Bantuan bertahap tersebut berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD atau personal protective equipment), alat bantu pernapasan (ventilator), serta masker.

"Kami telah lama bersinergi dengan sektor usaha dalam aktivitas sosial dan filantropi, namun baru kali ini bekerja sama menghadapi pandemi. Penanganan bersama Covid-19 adalah ujian terbesar kebersamaan kami," kata relawan Tzu Chi yang juga CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin.

Sebelumnya, Senin (23/1) perusahaan dan lembaga yang bergabung dalam inisiatif 'Pengusaha Peduli NKRI', diantaranya Astra International, Panin Group, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Wings Corporation, Rajawali Corporation, Garudafood, Nutrifood Indonesia, beserta FKS Group, PT Pan Brothers Tbk, PT Sritex Tbk, dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk telah lebih dulu berkomitmen memberikan donasi.

Sementara pada hari Kamis (19/3), Kadin, Tzu Chi bersama Sinar Mas, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, dan Triputra Group telah menginisiasi donasi.

Para pihak yang berkomitmen untuk berdonasi dapat menyalurkannya melalui rekening yang disediakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bernomor 865-002-4681 di Bank BCA cabang Pantai Indah Kapuk.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6915 seconds (0.1#10.140)