alexametrics

Gubernur BI Klaim Kondisi Rupiah Sudah Berangsur Pulih

loading...
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan kondisi rupiah sudah mengalami perbaikan dibandingkan minggu sebelummya. Adapun rupiah saat ini sudah bergerak stabil di kisaran Rp16.250 per dolar Amerika Serikat (USD).

"Nilai tukar rupiah bergerak stabil dan terus menguat. Mekanisme pasar bid dan offer berlangsung membaik membentuk nilai tukar rupiah menjadi Rp16.250," ujar Perry di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Dia melanjutkan, menguatnya rupiah memperlihatkan kecemasan kondisi global sudah menurun. Dia pun berterima kasih kepada pelaku pasar yang turut membuat rupiah terus menguat. "Terima kasih pelaku pasar bank dan nonbank, eksportir serta menurunya kecemasan investor global bahwa mekanisme pasar berlangsung baik untuk mengurangi tekanan pada rupiah," jelasnya.



Posisi rupiah berdasarkan data Bloomberg siang ini bangkit pada level Rp16.277 per USD, menjadi sinyal perbaikan dibandingkan sesi penutupan Selasa (24/3) lalu di Rp16.500 per USD. Siang ini tercatat rupiah bergerak pada kisaran harian Rp16.205-Rp16.349 per USD.

Berdasarkan data dari kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah siang ini tertahan pada zona hijau di level Rp16.328 per USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah balik melawan dari posisi sebelumnya Rp16.486 per USD.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top