Lima Cara Melunasi Utang Secara Cepat

Minggu, 05 April 2020 - 12:39 WIB
A A A
"Jika rumah kamu dekat dengan sentra kerajinan, misalnya, kamu bisa jual barang-barang tersebut cukup dengan bermodalkan foto dan deskripsi barang. Jika ada pembeli, barulah kamu beli barang tersebut dan kirim kepada buyer," jelasnya.

3. Gunakan dana darurat

Salah satu cara cepat melunasi utang yang bisa lakukan dengan menggunakan dana darurat. Jika mengatur tabungan dengan cukup teratur, tentunya pasti sudah menyisihkan dana darurat setiap bulannya.

Dana darurat bisa dikumpulkan dengan menggunakan tabungan berencana yang otomatis melakukan auto debet setiap bulan dari rekening transaksi.

4. Kelola gaji bulanan dengan baik
Kelola gaji per bulan untuk pos tabungan, pembayaran utang, serta pengeluaran-pengeluaran yang tentunya harus ditekan.

"Selalu sisihkan tabungan terlebih dahulu agar Anda tetap masih memiliki uang yang tersimpan di tabungan, setidaknya 30% dari penghasilan per bulan yang Anda dapatkan," paparnya.

5. Lakukan mediasi perbankan untuk penyelesaian utang
Apabila kamu gagal menemukan solusi dengan pihak pemberi pinjaman, mediasi perbankan dengan menempatkan Bank Indonesia sebagai pihak penengah yang netral dapat dilakukan.

Sebagai penengah yang netral, Bank Indonesia akan memotivasi dan mengarahkan kedua belah pihak (kreditur dan debitur) untuk mencari penyelesaian utang, keputusan yang akan diambil bersifat win-win solution.
(ven)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1104 seconds (10.55#12.26)