Tips Rumah Sehat dengan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Silang

Rabu, 08 April 2020 - 10:45 WIB
A A A
Jika rumah tapak (landed house) bisa dengan mudah menciptakan dan menentukan pola sirkulasi udara, bagaimana dengan pengaturan sirkulasi udara di apartemen? "Umumnya apartemen memiliki jendela besar di salah satu sudut ruang yang bisa dijadikan sebagai penerang alami sekaligus ventilasi udara. Buatlah jendela yang dapat dibuka dengan ukuran besar, meski ruang apartemen menggunakan pendingin ruangan," katanya.

Penggunaan jendela besar menjadi elemen wajib yang harus ada dalam hunian mungil seperti apartemen. Hal ini untuk menjaga sirkulasi udara di dalam agar tidak lembap. "Buka jendela di waktu udara terasa sejuk saat pagi atau sore hari. Ini bisa jadi cara untuk mengganti suhu ruangan. Jika sirkulasi udara baik, sistem penafasan kita pun akan baik," tutur Lea.

Ruang kecil dengan cahaya redup akan terasa pengap. Untuk membuat ruang apartemen terasa lebih terang, Anda bisa bermain cahaya dengan memanfaatkan jendela kaca besar dan pintu kaca ke luar balkon apartemen.

"Agar pencahayaan bisa masuk dengan bebas ke dalam ruangan, biarkan jendela dan pintu kaca terbuka tanpa tirai sehingga cahaya matahari dapat langsung masuk ke dalam ruangan. Untuk malam hari, kita bisa membuat lampu-lampu tersembunyi di langit-langit atau dinding ruang apartemen," ujarnya. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1184 seconds (10.101#12.26)