Optimalisasi ATM, BCA tambah 1.000 mesin CDM

Senin, 16 Januari 2012 - 13:55 WIB
Optimalisasi ATM, BCA tambah 1.000 mesin CDM
Optimalisasi ATM, BCA tambah 1.000 mesin CDM
A A A
Sindonews.com - Bank Central Asia (BCA) akan melakukan penambahan 1.000 mesin cash deposit machine (CDM) untuk memudahkan nasabah melakukan penyetoran tanpa melalui transaksi di kantor cabang.

Direktur Utama BCA Jahja Setiadmaja menyatakan bahwa penggunaan kartu ATM saat ini tidak cuma didominasi oleh penarikan tunai namun juga untuk transaksi lainnya termasuk penyetoran uang.

"Kita menekankan ATM jangan hanya dipakai untuk tarik tunai tapi untuk transaksi antar bank pindah buku dan ngecek saldo nah ini yang lebih efisien, nasabah enggak perlu datang ke cabang cukup dengan ATM malah lebih bagus kan kalau enggak mau antri. Malam-malam juga bisa transaksi di ATM sendiri kan sangat lebih efisien", ujarnya kepada Sindonews, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (16/1/2012).

Sebagai landasan, Jahja menyampaikan bahwa setiap harinya transaksi yang dilakukan di ATM terus meningkat dimana untuk saat ini ada sekitar 11 ribu-12 ribu kali transaksi. Hal ini berarti aktifitas masyarakat yang dilakukan di ATM semakin bertambah dan harusnya bisa digunakan untuk transaksi lainnya daripada hanya sekedar tarik tunai.

"Perubahan ini yang susah dibaca kadang setiap tahun naik 5-10 persen kadang bisa sampai 20 persen jadi kita harus mengamati juga perubahan transaksi kedepan. Nah kita harapkan memang dengan ekonomi Indonesia yang makin berkembang yang invesment grade, ya kita harapkan transaksi perbankan akan terus meningkat," tambahnya.

Untuk mempersiapkan kondisi tersebut sebenarnya setiap tahunnya bank tidak perlu menambah mesin ATM, walapun sebenarnya BCA tetap akan melakukan penambahan.

"Tahun ini kita rencana menambah sekitar 3.500 ATM. Namun yang menjadi prioritas adalah cash deposit machine karena dengan ada setoran langsung yang mesinnya diperbanyak kan gak perlu ke kantor cabang, mungkin ada sekitar 1.000 yang akan kita tambah cash deposit machine," tambahnya.

Sekedar informasi, mulai hari ini interkoneksi antara Bank Mandiri dan Bank BCA resmi terhubung. Nasabah dapat melakukan cek saldo, transfer rekening antarbank dan tarik tunai. Mandiri yang sebelumnya hanya tergabung di Link, kini dapat mengakses 31.700 ATM yang terhubung melalui Prima termasuk 8.575 jaringan ATM BCA yang terkoneksi dengan jaringan Cirrus.

Secara total, jaringan Mandiri kini tergabung dalam 40 ribu ATM yang terhubung melalui ATM Prima, Link, maupun ATN bersama yang tersebar di seluruh Indonesia begitu pula sebaliknya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0896 seconds (0.1#10.140)