Menekan impor, Pertamina bangun kilang baru

Minggu, 22 Januari 2012 - 18:12 WIB
Menekan impor, Pertamina bangun kilang baru
Menekan impor, Pertamina bangun kilang baru
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina mengungkapkan telah melakukan pemetaan terhadap kilang-kilang yang dimiliki sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional dan menekan impor.

"Rencananya dengan upgrading dan juga pembangunan kilang baru hingga 2018, proyek-proyek tersebut diharapkan bisa meningkatkan ketahanan BBM nasional dan menekan impor," ungkap Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (22/1/2012).

Harun mengungkapkan, beberapa proyek seperti perbaikan kualitas (refurbishment) kilang Plaju, Kero Treater kilang Dumai-BLPP, proyek pemanfaatan residu atau residual fluid catalytic cracking (RFCC) kilang Cilacap-Program Langit Biru Cilacap, Bottom Upgrading BLPP, revamping Dumai dan pembangunan dua kilang baru di Balongan, Jawa Barat, dan Tuban Jawa Timur, akan meningkatkan produksi BBM nasional dari 40,6 juta Kl per tahun saat ini menjadi 66,7 juta Kl per tahun pada 2018.

"Akan tetapi, untuk merealisasikan rencana investasi tersebut, diperlukan dukungan pemerintah terkait dengan insentif dan juga alfa (margin dan biaya distribusi) yang memadai, sehingga membuat investasi menjadi lebih menarik dan investor lebih bergairah," tandasnya.

Terakhir Pertamina mengklaim jika efisiensi yang telah berhasil dilakukan Pertamina dari kegiatan impor BBM untuk memenuhi kekurangan pasokan dari dalam negeri, telah mendorong penghematan sekitar USD280 juta pada 2011. Penghematan tersebut didasarkan pada harga pembelian BBM Pertamina dibandingkan dengan harga pasar yang berlaku pada periode tersebut. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7535 seconds (0.1#10.140)