Investasi kecil, kerjasama RI-Finlandia tetap berpotensi

Rabu, 25 Januari 2012 - 14:03 WIB
Investasi kecil, kerjasama RI-Finlandia tetap berpotensi
Investasi kecil, kerjasama RI-Finlandia tetap berpotensi
A A A
Sindonews.com - Kerjasama perdagangan yang terjadi antara Indonesia dengan Finlandia dan Estonia menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Suryo Bambang Sulisto memiliki potensi walaupun kemungkinan investasinya kecil.

"Seperti yang tadi disampaikan memang tingkat perdagangan kita dalam hal investasi dengan Finlandia dan Estonia kecil. Namun kita menyadari potensinya masih cukup lumayan, karena mereka mempunyai keunggulan yang mungkin bisa diaplikasikan kesini," ujarnya.

Disamping itu Suryo Bambang Sulisto memuji Estonia sebagai salah satu negara yang sangat maju dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT), demikian juga Finlandia. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa produksi Nokia berada di negara tersebut.

"Estonia itu negara maju dan di Finlandia ada Nokia serta industri kehutanan mereka juga sangat maju baik dari segi konsultasi dan dari segi peralatan yang dapat kita kerjasamakan. Tetapi memang tidak banyak dari kedua negera ini mengetahui potensi mereka masing-masing, maka dari itu kunjungan delegasi ini sangat membantu," jelasnya.

Sedangkan mengenai potensi investasi, Dia menambahkan belum mengetahui secara pasti. Akan tetapi kalau melihat sektor-sektornya Suryo Bambang merasa optimis bahwa akan memiliki bidang-bidang penguasaan dalam sektor tertentu yang bisa diaplikasikan kesini seperti misalnya Shell Oil.

"Kita contohkan saja shell oil untuk investasi, sekarang kan kita sudah masuk dalam studi pendalaman dari feasibility study yang berfungsi untuk memetakan potensi Shell Oil di Indonesia. Konon katanya ada di Papua dan Sulawesi. Ya semoga saja nanti bisa kerjasama lebih lanjut," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)