2012, pelaku bisnis kian optimis

Senin, 06 Februari 2012 - 14:54 WIB
2012, pelaku bisnis...
2012, pelaku bisnis kian optimis
A A A
Sindonews.com - Melihat peningkatan nilai Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada triwulan 1 tahun 2012 yang dapat mencapai 108,37, maka Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan tingkat optimisme pelaku bisnis semakin besar pada awal tahun ini. Hal ini dikarenakan kondisi bisnis juga akan ikut meningkat di bandingkan pada periode sebelumnya.

"Nilai ITB triwulan 1 tahun 2012 diperkirakan sebesar 108,37 yang artinya secara umum kondisi bisnis juga akan meningkat dibandingkan triwulan IV tahun 2011, berikut juga dengan tingkat optimisme pelaku bisnis dalam memandang potensi bisnis pada triwulan I ini yang akan lebih tinggi," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, dalam konferensi pers, di Kantor BPS, Pasar Baru, Jakarta, Senin (6/2/2012).

Selain itu Suryamin juga menambahkan kondisi bisnis ini juga didukung oleh sektor-sektor ekonomi yang mengalami peningkatan diantaranya sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan yang cukup signifikan.

"Sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan diperkirakan mengalami peningkatan bisnis paling tinggi dengan indeks sebesar 116,27. Sementara sektor jasa juga akan mengalami peningkatan tapi paling rendah dibandingkan yang lain dengan angka indeks sebesar 104,55," jelasnya.

Jika dilihat dari variabel pembentuknya menurut Suryamin peningkatan kondisi bisnis awal tahun ini diperkirakan terjadi karena peningkatan permintaan dari dalam negeri, harga jual produk, permintaan barang input, dan permintaan dari luar negeri.

Permintaan dari dalam negeri menjadi pendorong terbesar terciptanya kondisi bisnis yang bagus ditandai dengan nilai ITB 112,05. Peningkatan permintaan tertinggi dalam negeri ini mungkin akan terjadi pada pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan, sedangkan permintaan terendah akan dialami pada sektor konstruksi.

"Jadi secara umum, pelaku bisnis memperkirakan pada triwulan pertama 2012 ini akan meningkat," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9550 seconds (0.1#10.140)