Kelangkaan pupuk, tanaman kakao rentan hama

Jum'at, 10 Februari 2012 - 16:02 WIB
Kelangkaan pupuk, tanaman kakao rentan hama
Kelangkaan pupuk, tanaman kakao rentan hama
A A A
Sindonews.com - Kelangkaan pupuk yang acap kali terjadi di Mamuju, menurut Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Sulawesi Barat (Sulbar) Mukhtar Belo sangat berpengaruh pada serangan hama. Terlebih pada tanaman kakao atau coklat yang saat ini sedang gencar dikembangkan.

"Permasalahan ini mestinya bisa terjawab oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sulawesi Barat. Mereka perlu berperan dan bertindak sebagai penyedia pupuk. Memang kami tidak bisa memaksakan ini, sebab lembaga itu memiliki perencanaan sendiri untuk mendongkrak ekonomi Sulbar," ucap Mukhtar di Sulbar, Jumat (10/2/2012).

Mukhtar juga mengatakan, dalam waktu dekat akan dibangun sebuah perusahaan pupuk nasional, PT Benteng Negara Mandiri di Mamuju. Perusahaan ini akan bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk pengadaan pupuk kakao. Sebelumnya, perusahaan lokal itu sebagai penampung dan pembeli biji kakao. Sedang pengusaha yang juga menjadi mitranya akan berposisi sebagai pedagang kakao.

Model operasinya kata Mukhtar adalah dengan sistem kredit PT Benteng Negara Mandiri akan memberikan kredit lunak atau tanpa bunga pada petani kakao. Petani kemudian dapat mengambil pupuk kapanpun di perusahaan mitra.

Sayangnya, hingga berita ini disusun Ketua Umum BUMD Sulbar Harry Warganegara, belum berhasil dikonfirmasi. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2210 seconds (0.1#10.140)