Yunani terus yakinkan zona euro

Jum'at, 17 Februari 2012 - 11:12 WIB
Yunani terus yakinkan zona euro
Yunani terus yakinkan zona euro
A A A


Sindonews.com - Yunani dinilai telah membuat kemajuan substansial dalam meyakinkan negara zona euro untuk mendapatkan dana talangan (bailout) yang diperlukan guna menghindari gagal bayar (default). Tetapi, keputusan final tentang pemberian bailout baru akan diumumkan pada Senin (19/2) mendatang.

”Saat ini diperlukan upaya lebih lanjut untuk memperkuat pengawasan mengenai bagaimana proposal penghematan Yunani akan diimplementasikan,” ujar Ketua Grup Uni Eropa Jean Claude Juncker seperti dikutip BBC, Rabu 15 Februari 2012 waktu setempat.

Dia menambahkan, kemajuan substansial terkait rencana bailout telah dibuat Yunani sejak Rabu (15/2) malam. Kemajuan tersebut antara lain, zona euro menerima jaminan yang kuat dari kedua partai koalisi Yunani dan pemberi pinjaman internasional atau troika.

Selain itu, Yunani telah menyelesaikan analisis terhadap keberlanjutan utang publik, serta pekerjaan teknis antara Yunani dan troika dengan identifikasi kebijakan konsolidasi. Terakhir Yunani juga dianggap sudah membuat rincian tindakan dengan kerangka waktu pelaksanaan penghematan.

Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos mengungkapkan, Negeri Dewa- Dewa telah memenuhi dua persyaratan akhir yang ditetapkan oleh Uni Eropa, Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) sebagai imbalan atas bailout sebesar 130 miliar euro.

”Kabinet Yunani telah memutuskan bagaimana menambah dana sebesar 325 juta euro di dalam penghematan anggaran tahun ini sebesar 3,3 miliar euro,” imbuhnya.

Dia menambahkan, kedua partai di dalam pemerintahan Perdana Menteri (PM) Yunani Lucas Papademos telah memberikan cara dalam menerapkan langkah-langkah penghematan.

Kantor berita Reuters menyatakan, tingginya ketidakpercayaan terhadap Athena saat ini membuat para pejabat zona euro masih mempertimbangkan apakah mungkin untuk menunda sebagian atau seluruh kesepakatan penyelamatan untuk menghindarkan Yunani dari default.

Meski sejumlah langkah sudah disetujui, kesepakatan tersebut harus diputuskan dengan segera karena Athena tengah menghadapi tenggat waktu default pada Maret 2012.

Venizelos berharap, pejabat Eropa akan menyepakati semua isu sebelum pertemuan menteri zona euro pada Senin (20/1). Pasalnya, hal tersebut dapat membuka jalan bagi kesepakatan pertukaran obligasi dengan kreditur swasta Yunani sehingga dapat mengurangi utang Athena.

Pemerintah Yunani menyatakan, harus memulai kesepakatan pertukaran (swap) dengan pemegang obligasi swasta pada hari ini (Jumat, 17/2) guna memenuhi batas waktu default sampai dengan 20 Maret. Athena berharap, zona euro dapat mendukung langkah tersebut agar pencairan bailout kedua dapat dilakukan pada minggu ini. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4574 seconds (0.1#10.140)