Mendag proyeksikan rasio ekspor 30% PDB

Jum'at, 17 Februari 2012 - 11:20 WIB
Mendag proyeksikan rasio...
Mendag proyeksikan rasio ekspor 30% PDB
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan memproyeksikan nilai rasio ekspor periode 2012 akan mencapai 30 persen dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

“Kita belum tahu ekuilibriumnya itu dimana, namun ke depan akan meningkatkan dari angka 26 persen (nilai ekspor dari PDB 2011),” kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan di Makassar, kemarin.

Menurut dia, ke depan akan ditelaah apakah angka tersebut terlalu tinggi atau rendah. Namun angka 26 persen rasio ekspor dari PDB itu telah menyelamatkan negara ini dari “shock” ketika tujuan ekspor yakni negara Eropa dan Amerika mengalami krisis ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihaknya optimistis dapat meningkatkan angka 26 persen, namun perlu diikuti dengan kebijakan. “Dengan peningkatan ekspor kita, diharapkan bukan karena peningkatan volume tapi karena nilai tambahnya,” katanya.

Dengan demikian, kata Gita, pihaknya akan mencoba pada angka ratio ekspor 30-35 persen atau lebih tinggi dari capaian sebelumnya 26 persen. Sementara mengenai PDB Indonesia pada 2012 dia mengatakan, diproyeksikan USD1 triliun dan pada periode 2020 ditargetkan mencapai USD2,5 triliun.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut dia, harus disikapi dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan diikuti dengan kebijakan ekonomi yang mendukung terciptanya iklim usaha yang kondusif misalnya sikap fiskal dan insentif pajak. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0556 seconds (0.1#10.140)