Peugeot-GM bahas kerja sama strategis

Kamis, 23 Februari 2012 - 09:31 WIB
Peugeot-GM bahas kerja sama strategis
Peugeot-GM bahas kerja sama strategis
A A A
Sindonews.com – Perusahaan automotif Prancis Peugeot dan General Motors (GM) dikabarkan sedang dalam tahap pembicaraan terkait rencana kerja sama strategis. Pemberitaan tersebut langsung berpengaruh pada menguatnya harga saham Peugeot hingga 15 persen.

Menurut laporan BBC, kabar adanya rencana kerja sama aliansi bisnis tersebut disampaikan Kementerian Tenaga Kerja Prancis. Namun, pihak Peugeot tidak memberikan konfirmasi terkait kerja sama itu.

Demikian juga GM yang menyatakan bahwa pertemuan dengan Peugeot hanya merupakan pembicaraan biasa antara sesama pelaku industri automotif. Menurut Financial Times, pekan lalu Peugeot melaporkan kerugian semester II/2011 mencapai 497 juta euro khusus pada divisi automotif.

Sedangkan GM pada pekan yang sama melaporkan keuntungan tahunan selama 2011 mencapai USD9,2 miliar dipicu membaiknya penjualan. Namun, khusus untuk unit GM di Eropa yakni Opel, justru mengalami kerugian USD747 juta akibat lemahnya pasar di kawasan Benua Biru.

Dalam penjelasannya, Peugeot menyatakan, dalam konteks strategi di masa globalisasi dan perbaikan kinerja operasional, PSA Peugeot Citroen melihat adanya potensi kerja sama dan aliansi. “Diskusi telah berlangsung namun tidak ada kepastian pada tahapan mana akan hasilnya akan terlihat,” kata Peugeot sepeti dikutip BBC, kemarin.

Surat kabar Prancis La Tribune dalam editorialnya menyatakan, jika pembicaraan tersebut berlangsung sukses, GM dan Peugeot akan mengumumkan aliansi tersebut pada ajang Geneva Motor Show yang akan digelar pada pekan pertama Maret mendatang. Meski demikian, kesepakatan tersebut tetap harus mendapatkan persetujuan dari pemegang saham utama yakni keluarga Peugeot yang memiliki 30 persen saham perusahaan dan investor lainnya yang menguasai 48,3 persen.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0897 seconds (0.1#10.140)