Penjualan susu nasional diperkirakan capai Rp33T

Jum'at, 24 Februari 2012 - 15:20 WIB
Penjualan susu nasional...
Penjualan susu nasional diperkirakan capai Rp33T
A A A
Sindonews.com - Penjualan susu secara nasional diperkirakan bisa mencapai Rp33,17 triliun pada tahun ini. Jumlah itu mengalami kenaikan dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu sebesar Rp31 triliun.

Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Pengolah Susu (AIPS) Syahlan Siregar mengatakan, penjualan susu pada tahun ini diperkirakan akan meningkat sekira 6,5-7 persen. "Rp31 triliun itu semuanya estimasi pada waktu penjualan 2011. Sekarang kenaikan plus minus 6,5-7 persen diperkirakan akan tumbuh," kata Syahlan di Jakarta, Jumat (24/2/2012).

Menurutnya, sejumlah faktor yang bisa mendorong penjualan susu pada tahun ini antara lain adalah kestabilan nilai tukar rupiah serta adanya alokasi gas untuk melakukan produksi.

Hingga saat ini, kata dia, sekira 70 persen bahan baku susu masih bergantung pada impor, terutama dari Australia dan Eropa. Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan adanya kestabilan nilai tukar rupiah.

"Kalau dolar naik, euro naik, maka biayanya kita pun akan ikut naik. Sementara kita tidak bisa begitu saja menaikkan harga ke konsumen. Kalau dinaikkan kita juga akan rugi volumenya, dan konsumsi juga akan turun,” jelasnya.

Terkait ketersediaan energi, kata dia, industri susu nasional membutuhkan adanya pasokan gas untuk menekan biaya produksi. Selama ini, lanjutnya, industri susu masih menggunakan solar sebagai alternatif energi karena tidak ada pasokan gas. Syahlan menuturkan, porsi penggunaan energi terhadap biaya produksi adalah sekira 4,5-5 persen.

"Kalau distribusi gas itu sudah baik, sehingga biaya produksi kita bisa berkurang. Karena sekarang kan per liter solar itu Rp8.900, kalau sudah ada gas kita tidak perlu mengeluarkan lagi Rp8.900. Cukup Rp2.900-Rp3.000 per liter," paparnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0541 seconds (0.1#10.140)