Penyaluran BLT dipastikan lewat Pos

Rabu, 07 Maret 2012 - 10:34 WIB
Penyaluran BLT dipastikan lewat Pos
Penyaluran BLT dipastikan lewat Pos
A A A
Sindonews.com - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap akan disalurkan melalui pos. Sistemnya direncanakan masyarakat yang menerima bantuan sebelumnya akan diberikan surat pemberitahuan sehingga yang datang ke kantor pos hanya mereka yang sudah menerima surat tersebut.

“Ada 14 kriteria standar yang kami tetapkan. Mereka itulah masyarakat miskin, hampir miskin dan sangat miskin. Mereka yang menerima yakni guru, petani dan pekerja berpenghasilan rendah,” ucap Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono usai Rakor Pendidikan Menengah Universal dan RUU Pendidikan Tinggi di gedung Kemendikbud, Rabu (7/3/2012).

Dia menambahkan, penyaluran nanti dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menuju kantor pos. Datanya sendiri dibantu dari Badan Pusat Statistik (BPS). Pemerintah daerah juga diminta untuk membantu pendataan agar dana yang dikucurkan tepat sasaran.

Selain BLT, pemerintah juga menyediakan program bantuan seperti penambahan paket beras miskin (raskin) dari 12 bulan menjadi 14 bulan yang diberikan menjelang lebaran.

"Mengenai data, pemerintah selalu turun ke lapangan dan mencari data ke masyarakat untuk meminimalisir penyimpangan. Lalu ada juga pemberian bantuan siswa miskin mulai SD, SMP, SMA dan SMK dan juga tambahan biaya operasional untuk angkutan desa," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5183 seconds (0.1#10.140)