Laboratorium kultur jaringan Bantaeng target produksi 1.500 bibit

Jum'at, 09 Maret 2012 - 10:52 WIB
Laboratorium kultur jaringan Bantaeng target produksi 1.500 bibit
Laboratorium kultur jaringan Bantaeng target produksi 1.500 bibit
A A A
Sindonews.com – Laboratorum kultur jaringan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng di Kecamatan Uluere, ditarget produksi bibit pertanian sebanyak 1.500 bibit,

Menurut Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Bantaeng Suaib bahwa, target tersebut masuk pada target 2012 ini. “Untuk enam bulan pertama, kami menargetkan produksi sebanyak 100 ribu benih,” jelas Suaib.

Hal tersebut menurut dia, memang bukan hal yang mudah, namun pihaknya akan tetap berusaha untuk mencapai target tersebut. Untuk mendukung target itu, pihaknya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) lima orang dari Bantaeng dan dua orang dari Southeast Asian Regional Centre For Tropical Biology (Seameo Biotrop).

Saat ini, pihaknya juga telah menyiapkan Laboratorum kultur jaringan, sebagai tempat pencetakan bibit pertanian dan diharapkan dapat membantu masyarakat Bantaeng.

Sebelumnya, Pemkab Bantaeng hanya mampu membeli dari luar, namun saat ini dengan Pemkab mengaku bisa menyiapkan bibit sendiri melalui kerjasama dengan Seameo Biotrop. Proses kultur jaringan ini, juga akan semakin mempercepat banyaknya
benih di Bantaeng. Bahkan, benih yang dihasilkan dari kultur jaringan merupakan benih dari generasi nol.

Sebelumnya Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menyebutkan bahwa Lab kultur jaringan itu memang untuk mencetak bibit unggul, dan nantinya membantu peningkatan pertanian yang ada di Bantaeng.

Nurdin yang juga salah satu guru besar Unhas Bidang Pertanian itu, menyebutkan bahwa Pemkab Bantaeng memang menargetkan sebagai kabupaten benih berbasis tehnologi. Sehingga lab kultur jaringan tersebut sudah disiapkan alat dan sumber daya manusia yang siap mengembangkan bibit. Saat ini, Pemkab tengah mengembangkan beberapa bibit di Laboratorium Kultur Jaringan, sudah mengembangkan bibit agrke, dan kentang.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8294 seconds (0.1#10.140)