Indomarco beberkan faktor kegagalan Indomaret

Jum'at, 09 Maret 2012 - 15:59 WIB
Indomarco beberkan faktor kegagalan Indomaret
Indomarco beberkan faktor kegagalan Indomaret
A A A


Sindonews.com - PT Indomarco Pismatama (pengelola Jaringan Indomaret) mengakui ada beberapa gerai yang sudah dibangun selama ini mengalami kegagalan.

Menurut Finance Director PT Indomarco Prismatama Hendarto Josojuwono, kategori kegagalan yang dimaksudkan tidak 100 persen atau sepenuhnya. Dengan jumlah gerai sampai dengan saat ini 6161, di seluruh Indonesia.

"Ada yang gagal, tidak mungkin berhasil semua, kalau tidak salah sekitar 5-7 persen. Tapi tidak bisa ngomong gagal 100 persen, karena biasanya, gagalnya itu seiring dengan waktu akan membaik," ujarnya saat ditemui di Gedung Graha Niaga, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Dia mengatakan, faktor kegagalan memang kebanyakan disebabkan oleh para pengusaha yang tidak menjalankan waralaba ini dengan optimal.

"Kalau franchise itu kebanyakan bisnisnya mau yang instan. Kalau mau langsung untung tahun pertama ya bisa, tapi kan tidak semua daerah bisa, membutuhkan waktu untuk perkenalan pasar. Itu juga tergantung pengusahanya juga," jelasnya.

Selain itu, lanjut Hendarto, ada kegagalan yang memang terjadi karena perubahan jalur jalan. "Ada yang gagal karena kurangnya auto kontrol kami, toko yang tiba-tiba kita buka di dua jalur tiba-tiba dirubah jadi oneway. Itu pasti gagal, saya tidak bisa duga juga," tuturnya.

Masih mengenai alasan terjadinya kegagalan, dia melanjutkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi titik poin untuk diberikan pemberdayaan. "Kita memiliki puluhan ribu karyawan di Indonesia. Harus ada memang pemberdayaan khusus. Saya juga bingung, mengajarkan orang buat senyum saja, susahnya minta ampun, lama waktunya. Tapi kita akan upayakan perbaiki itu, karena keramahan itu sangat penting," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4593 seconds (0.1#10.140)