AHM investasikan Rp3,128 T untuk bangun pabrik

Kamis, 15 Maret 2012 - 10:35 WIB
AHM investasikan Rp3,128 T untuk bangun pabrik
AHM investasikan Rp3,128 T untuk bangun pabrik
A A A


Sindonews.com - PT Astra Honda Motor (AHM) menambah investasi senilai Rp3,128 triliun untuk membangun pabrik berkapasitas produksi 1,1 juta unit motor di kawasan industri Karawang.

President Director AHM Yusuke Hori memastikan, PT AHM segera memulai pembangunan pabrik baru dengan nilai investasi mencapai Rp3,128 triliun. Untuk investasi tersebut, PT AHM menggandeng PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co dengan komposisi saham 50:50 persen.

“Pabrik ini akan menjadi pabrik keempat yang dimiliki AHM. Kami berharap, pabrik ini bisa mulai beroperasi pada akhir semester kedua tahun 2013,” jelas Yusuke Hori, Rabu 14 Maret 2012.

Penambahan menjadi empat pabrik, diharapkan menggenjot kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia menjadi 5,3 juta unit per tahun. Pabrik tersebut dibangun dengan kemampuan mengurangi jumlah emisi CO2 dengan memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya, dan lainnya.

Pabrik keempat PT AHM dirancang lebih efisien dengan proses produksi lebih canggih. Kondisi tersebut juga akan memberi rasa nyaman bagi tenaga kerja serta ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar.

“Ini adalah keinginan kami untuk menyuplai produk berkualitas dengan teknologi canggih agar aman bagi pengendara dan terjangkau,” pungkas dia.

Menurut dia, pembangunan pabrik tersebut sebagai jawaban PT AHM memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik di Indonesia. Di mana, pasar sepeda motor Indonesia adalah pasar terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.

Pada 2011, pasar sepeda motor mencatatkan angka tertinggi sepanjang sejarah yaitu sekitar 8,01 juta unit. Tumbuh 8,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sementara penjualan AHM pada tahun 2011 lalu, tercatat 4,27 juta unit, tumbuh 25,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, atau jauh melampaui pertumbuhan pasar.

“Permintaannya terus meningkat karena ditopang oleh fondasi perekonomian yang stabil dalam beberapa tahun terakhir ini,” kata dia.

Tahun ini, PT AHM optimistis mampu melepas 4,6 sampai 4,8 juta unit sepeda motor. Dengan asumsi, pasar sepeda motor akan meningkat menjadi sekitar 8,4 sampai 8,7 juta unit.

Kebutuhan tersebut optimistis terpenuhi dengan kemampuan tiga pabrik dan akan ditambah satu pabrik lagi. Saat ini PT AHM telah memiliki pabrik di sepeda motor Honda kawasan Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. Dengan penambahan satu pabrik lagi, maka PT AHM dipastikan akan menyerap tenaga kerja sampai dengan 21.000 orang. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2766 seconds (0.1#10.140)