50% produk pertanian diharap jadi bahan olahan

Sabtu, 31 Maret 2012 - 14:31 WIB
50% produk pertanian...
50% produk pertanian diharap jadi bahan olahan
A A A


Sindonews.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan di 2014 produk pertanian dapat diperdagangkan dalam bentuk olahan yang ditargetkan mencapai 50 persen untuk diperdagangkan.

Saat ini, sebanyak 80 persen produk pertanian Indonesia diperdagangkan dalam bentuk bahan mentah dan baru 20 persen yang diperdagangkan dalam bentuk olahan.

"Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki potensi pangan yang berlimpah. Jenis komoditas pangan yang dihasilkan oleh sektor pertanian akan sangat tergantung dari pola konsumsi masyarakat," ujar Menteri Pertanian Suswono, melalui siaran persnya, Sabtu (31/3/2012).

Menurutnya, pelaksanaan diversifikasi konsumsi pangan secara bertahap akan mengubah pola produksi pertanian di tingkat petani (diversifikasi produksi pertanian). Petani akan memproduksi komoditas yang banyak dibutuhkan oleh konsumen dan yang memiliki harga cukup tinggi.

Adapun untuk pencapaian target tersebut, diperlukan peningkatan daya saing yang akan difokuskan pada produk berbasis sumber daya lokal yang dapat meningkatkan pemenuhan permintaan untuk konsumsi dalam negeri dan produk yang dapat mengurangi ketergantungan impor (substitusi impor).

Suswono mengungkapkan, indikator keberhasilannya adalah besarnya pangsa pasar (market share) di pasar dalam negeri dan penurunan net impor.

"Kondisi ini akan membawa dampak pada peningkatan pendapatan petani. Mereka tidak lagi tergantung pada komoditas padi sebagai sumber pendapatan usaha taninya, tetapi dapat mencoba tanaman lain yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0469 seconds (0.1#10.140)