Pulau Bawean bisa jadi ikon pariwisata Jatim

Rabu, 04 April 2012 - 11:14 WIB
Pulau Bawean bisa jadi ikon pariwisata Jatim
Pulau Bawean bisa jadi ikon pariwisata Jatim
A A A
Sindonews.com – Pulau Bawean diharapkan menjadi ikon pariwisata Jawa Timur (Jatim). Namun untuk mencapai keinginan tersebut, dibutuhkan pembangunan infrastruktur pembangunan jalan lingkar dan lapangan terbang.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, keindahan Pulau Bawean tidak kalah dengan Pulau Bali. ”Jika semua infrastruktur di Bawean sudah dibangun, saya yakin semua wisatawan luar negeri yang ke Bali akan beralih ke Bawean,” kata Sambari di hadapan empat anggota DPRD Jatim dari Daerah Pemilihan (Dapil) X (Gresik-Lamongan), kemarin.

Menurutnya, untuk pembangunan infrastruktur dibutuhkan anggaran cukup besar. Saat ini anggaran untuk pembangunan jalan lingkar sepanjang 54 kilometer baru tersedia Rp10 miliar. Karena itu, diharapkan ada bantuan dari Pemprov Jatim. Demikian juga dengan pembangunan lapangan terbang. Saat ini Pemkab Gresik sudah membebaskan tanah untuk landasan pacu (runway) sepanjang 750 meter.

Namun runway sepanjang itu masih kurang karena untuk landasan pesawat jenis Foker 28 setidaknya dibutuhkan runway sepanjang 1.500 meter. Sambari juga meminta adanya bantuan untuk pembangunan Bendungan Sembayat yang disebut Sembayat Barrage. Saat ini sudah anggaran sekitar Rp42 miliar, namun anggaran tersebut masih sangat kurang. Dia mengaku APBD Kabupaten Gresik tidak mampu mendanai semuanya.

”Saat ini APBD Gresik Rp1,4 triliun. Untuk pembangunan Sembayat Barrage, setidaknya Pemprov Jatim bisa membantu pendanaan 70 persen,” tandasnya.

Ketua rombongan reses Kartika Hidayati mengatakan, Pulau Bawean memang harus ditata lebih baik agar pulau itu bisa lebih hidup.”Memang jika Bawean dibangun, keindahan alamnya tidak kalah dengan Mataram atau Lombok. Bawean juga bisa menjadi ikon wisata Jatim,”katanya.

Sementara itu, anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar Kodrat Sunyoto menambahkan, Pulau Bawean bisa menjadi master pariwisata di Jatim. Dia siap bicara langsung ke Gubernur Jatim Soekarwo supaya Bewean lebih diperhatikan. Menurutnya,keberadaan lapangan terbang di Bawean akan sia-sia jika infrastruktur jalan lingkar Bawean tidak segera diperbaiki.

Sementara itu, Subroto Kalim dari Fraksi Demokrat juga menyatakan siap memfasilitasi permitaan dana pem-bangunan inrastruktur Bawean. ”Kami berempat sudah sepakat untuk bicara langsung ke Gubernur Jatim. Setidaknya dengan demikian Gubernur akan memberikan perhatian pada Bawean,”lanjutnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2806 seconds (0.1#10.140)