Kandidat presiden Bank Dunia diwawancarai pekan depan

Kamis, 05 April 2012 - 09:49 WIB
Kandidat presiden Bank...
Kandidat presiden Bank Dunia diwawancarai pekan depan
A A A
Sindonews.com - Tiga kandidat Presiden Bank Dunia yakni Ngozi Okonjo-Iweala,Jose Antonio Ocampo dan Jim Yong Kim yang akan bersaing menggantikan Robert Zoellick pada Juni mendatang mulai menjalani tahapan wawancara pekan depan.

Berdasarkan pengumuman situs Bank Dunia Selasa (3/4) waktu Washington, Dewan Direksi Eksekutif Bank Dunia akan melakukan wawancara pertama terhadap kandidat dari Nigeria yakni Okonjo-Iweala pada Senin (9/4).

Menteri Koordinator Perekonomian Nigeria tersebut dicalonkan oleh sejumlah negara Afrika termasuk Afrika Selatan. Sehari berikutnya, Selasa (10/4), Bank Dunia akan mewawancarai Ocampo kandidat yang dijagokan Brasil. Saat ini Ocampo berprofesi sebagai profesor di Colombia University, New York.

Sedangkan, calon kandidat dari AS Jim Yong Kim, akan diwawancarai pada Rabu (11/4). Pencalonan Kim mendapatkan dukungan penuh dari AS dan sejumlah negara industri seperti Jepang dan Korea Selatan sebagai calon kuat pengganti Zoellick.

Pria kelahiran tahun 1959 tersebut merupakan dokter keturunan Korea berkebangsaan AS yang saat ini menjabat sebagai Presiden Dartmouth College. Sejak Bank Dunia didirikan pada 1944 silam, pemegang kekuasaan tertinggi selalu dipegang oleh orang Amerika Serikat (AS).

Baru kali ini untuk pertama kalinya Presiden Bank Dunia didominasi dari negara berkembang. Sebelumnya Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan, Kim akan mendapatkan dukungan yang luas dari dunia internasional dibandingkan kandidat dari negara berkembang. Pasalnya, masyarakat AS mencari kandidat yang mampu memimpin dan mempunyai keterampilan yang meyakinkan untuk memimpin Bank Dunia.

”Di bagian lain, Presiden Korea Selatan Lee Myung-Bak juga mendukung Kim untuk menjadi orang nomor satu di Bank Dunia. Menurutnya, Kimadalah pilihan terbaik serta orang yang tepat untuk memimpin institusi keuangan internasional tersebut. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7890 seconds (0.1#10.140)