Pemanfaatan sumber daya laut belum optimal

Kamis, 05 April 2012 - 10:37 WIB
Pemanfaatan sumber daya laut belum optimal
Pemanfaatan sumber daya laut belum optimal
A A A
Sindonews.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, sumber daya kelautan dan perikanan belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal, sektor kelautan dan perikanan dapat menjadi lokomotif yang bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan, mengingat sumber daya yang tersedia cukup melimpah.

Hal itu disampaikan Heryawan di hadapan ratusan petambak pantura di Balai Pengembangan Budi Daya Air Payau dan Laut Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, di Jalan Raya Cipucuk, Desa Pusaka Jaya Utara,Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, kemarin. Heryawan berharap, keseimbangan alam mampu memberikan manfaat berupa keberlangsungan pembangunan, peningkatan taraf perekonomian, dan mendorong kemajuan sebuah kawasan.

Namun, semua itu membutuhkan kerja sama semua sehingga tujuan menyejahterakan petambak akan tercapai. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemprov Jawa Barat tengah mengupayakan sejumlah terobosan yang melibatkan petambak dan nelayan. Terobosan itu di antaranya menggunakan teknologi yang ramah lingkungan serta kemudahan akses permodalan dan fasilitas usaha perikanan dan kelautan.

“Saya yakin dengan pengelolaan yang baik,bisa memberikan penghasilan yang optimal,” ujar Heryawan. Di bidang permodalan,Heryawan mengungkapkan ada sejumlah program yang diupayakan seperti program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan Perikanan Budi Daya (PUMP-PB) sebesar Rp10,6 miliar, untuk 106 kelompok di 16 kabupaten/kota.

Bupati Karawang Ade Swara mengatakan selama ini yang menjadi kendala untuk mengoptimalkan pencapaian produksi terletak pada penyuluhan terhadap nelayan dan petambak. Diakui Ade, jumlah penyuluh belum sepadan dengan jumlah petambak dan nelayan yang harus didampingi.

“Penyuluh yang ada tidak seimbang jumlahnya dengan nelayan,”kata Ade. Untuk itulah, Ade memfokuskan untuk membina sumber daya manusia guna membantu nelayan dan petambak mengoptimalkan sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6305 seconds (0.1#10.140)