China janji tekan ekspor bahan ilegal

Senin, 09 April 2012 - 19:22 WIB
China janji tekan ekspor bahan ilegal
China janji tekan ekspor bahan ilegal
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Indonesia dan China akan bekerja sama untuk menekan impor barang-barang ilegal China yang sering kali beredar di Indonesia. Hal tersebut dibahas dalam pertemuan bilateral kedua negara yang diselenggarakan pada sore hari ini.

"Ada kerjasama bagaimana kita meningkatkan kerjasama di bidang karantina dan lain-lain. Agar, standar produk pertanian kita sama. Jadi apa yang kita terima sama dengan apa yang kita ekspor," ungkap Menko Perekonomian, Hatta Rajasa kala ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (9/4/2012).

Adapun barang komoditi yang ditekankan oleh Indonesia dalam impor barang ilegal adalah mengenai sarang burung walet. "Saya tadi mengangkat soal sarang burung, kita minta ini dipercepat karena sudah ada perjanjian jadi kalo bisa agreement-nya segera dituntaskan," paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hari ini telah dilakukan pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang sekaligus telah ditandatangani perjanjian peningkatan kerja sama ekonomi yang diharapkan dapat mendorong volume perdagangan kedua negara hingga mencapai USD80 miliar pada 2015.

Tujuan pertemuan ini adalah menindaklanjuti hasil-hasil pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden RRT saat kunjungan kenegaraan RI Maret 2012.

Salah satu hasil dari pertemuan bilateral ini antara lain, adanya kesepakatan untuk meningkatkan hubungan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan berdasarkan mutual respect, mutual benefit and equal treatment. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8629 seconds (0.1#10.140)