Pertamina cari minyak di Kazakhstan

Jum'at, 13 April 2012 - 14:27 WIB
Pertamina cari minyak di Kazakhstan
Pertamina cari minyak di Kazakhstan
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) akan menjajaki ladang-ladang minyak di Negara Kazakhstan. Rencana tersebut sudah diawali dengan pertemuan Pertamina dan Pemerintah Indonesia dengan Presiden Kazakhstan.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengungkapkan prosesi kerjasama akan dilakukan dua minggu ke depan. "Kan kerjasama untuk upstream impres untuk aset-aset di atas 50 ribu barel. Dalam dua minggu ke depan mereka (Pemerintah Khazakstan) akan datang ke saya untuk menawarkan aset mana saja dan potensinya apa," ungkap Karen di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta, Jumat (13/4/2012).

Akan tetapi sejauh ini, Karen menyampaikan nilai investasi belum dapat diketahui. "Belum tahu kita kan belum lihat juga," tegasnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan hal yang senada. Dia mengakui potensi yang akan didapatkan nanti cukup besar disana. "Dari beberapa pembicaraan tersebut mereka memberi peluang yang sangat besar. Presidennya bilang untuk Pertamina mendapat ladang minyak di Kazakhstan," ujar Hatta.

Ia juga menambahkan jika produksi ladang minyak di Kazakhstan besar sekali, tahun ini 2012, 1,6 juta barel dan tahun depan dua juta barel.

"Pihak Pertamina langsung mengatakan pembicaraan dengan mitra di sana. Tadi Presiden Khazakstan langsung mengatakan diberikan kesempatan pada Pertamina langsung pada menteri energinya. Ini sangat serius dan berpotensi," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9837 seconds (0.1#10.140)