PLN beli listrik dari perusahaan India

Selasa, 01 Mei 2012 - 15:50 WIB
PLN beli listrik dari perusahaan India
PLN beli listrik dari perusahaan India
A A A
Sindonews.com - PT PLN (Persero) sepakat untuk mengadakan perjanjian jual beli listrik (Power Purchase Agreement /PPA) Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumatera Selatan-7 berkapasitas 2 x 150 MW bersama dengan konsorsium Madhucon Project Ltd, Madhucon Sugar & Power Industries Ltd dan PT Madhucon Indonesia.

Dirut PLN Nur Pamduji mengatakan bahwa kerjasama Independent Power Producer (IPP) dengan perusahaan India ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PLN. Sebelumnya PLN telah bekerjasama perusahaan asing terkait IPP ini seperti dari Amerika, Jepang dan China.

“Saya berharap proyek ini dapat dikerjakan secepatnya, karena PLTU Sumsel-7 ini sangat penting bagi kami khususnya untuk memperkuat pasokan listrik di wilayah Sumatera Bagian Selatan,” ujar Nur Pamudji, pada siaran persnya di Jakarta, Selasa (1/5/2012).

PLTU Sumsel 7 merupakan bagian dari beberapa proyek PLTU Mulut Tambang yang akan dibangun di Sumatera Selatan dengan total kapasitas 4.200 MW. Pada masa pendanaan (financing close) selama 1 tahun, Proyek Sumsel-7 akan direncanakan pendanaannya dari Bank India yang nantinya akan diverifikasi oleh PLN dan jika telah terpenuhi juga pemenuhan persyaratan lainnya sebagaimana diatur di dalam PPA akan dinyatakan financing date sehingga bisa dimulai konstruksinya.

Dalam kerjasama ini tarif jual beli tenaga listrik yang disepakati kedua belah pihak adalah sebesar 5,8099 cent/kWh. Biaya investasi pembangunan PLTU ini sekitar USD455 juta.

PLTU Sumsel-7 sendiri direncanakan selesai pada Mei 2016 atau 36 bulan sejak financing date. Listrik yang dihasilkan PLTU Sumsel-7 akan disalurkan melalui jaringan transmisi interkoneksi Tapping T/L 275 kV Aurduri-Betung.

Sebagai informasi Nota PPA ditandatangani pada Selasa, 1 Mei 2012 di Kantor PLN Pusat Jakarta oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dan Presiden Direktur PT Madhucon Sriwijaya Power N. Krishnaiah selaku perwakilan konsorsium pengembang yang akan membangun PLTU Sumsel 7 yang berlokasi di Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan.

Madhucon Project Ltd merupakan perusahaan infrastruktur asal India, sekaligus sebagai Independen Power Producer (IIP) India yang pertama di Indonesia. (ank)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3199 seconds (0.1#10.140)