Investasi di Barnes & Noble Inc, Microsoft suntik dana USD605 juta

Rabu, 02 Mei 2012 - 14:04 WIB
Investasi di Barnes & Noble Inc, Microsoft suntik dana USD605 juta
Investasi di Barnes & Noble Inc, Microsoft suntik dana USD605 juta
A A A
Sindonews.com – Perusahaan raksasa perangkat lunak Microsoft Corp akan berinvestasi sebesar USD605 juta dalam lima tahun ke depan di perusahaan peritel buku terbesar asal Amerika Serikat (AS) Barnes & Noble Inc.

Langkah tersebut dilakukan hanya enam bulan sebelum Microsoft meluncurkan sistem operasional layar sentuh Windows 8 dan masuknya sebuah aplikasi Nook pada tablet, Window memungkinkan Microsoft dapat bersaing dengan iPad Apple dan Fire Kindle Amazon. Nook adalah salah satu merek perangkat baca buku elektronik yang dikembangkan oleh Barnes & Noble Inc.

Aksi korporasi Microsoft akan memberikan keuntungan langsung kepada perusahaan dalam penerbitan buku elektronik (e-book) seperti buku teks perguruan tinggi yang dapat diunduh. Analis perusahaan pendanaan McAdams Wright Ragen Sid Parakh mengatakan, langkah tersebut merupakan kesepakatan strategis yang baik bagi dua pihak.

“Investasi tersebut melibatkan Microsoft dalam sektor ereaders serta memberikan mereka akses ke pasar yang telah berkembang baik, selain itu akan membuat platform yang lebih menarik bagi Windows 8,” ujarnya seperti dilansir Reuters.

Sebaliknya investasi tersebut telah menyuntikkan modal yang sangat dibutuhkan oleh Barnes & Noble serta membuka jalan untuk memasuki pasar buku digital di luar AS. Unit baru akan segera dijalankan yang mayoritas dimiliki oleh perusahaan tersebut namun akan tetap menjaga hubungan baik dengan rantai toko buku AS yang memiliki hampir 700 toko buku.

Microsoft menyatakan akan melakukan investasi awal sebesar USD300 juta dengan kompensasi saham sebanyak 17,6 persen di anak perusahaan Barnes & Noble yang nilai pasarnya bernilai USD1,7 miliar itu. Tahapan selanjutnya, perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, Washington, AS, juga berkomitmen untuk kembali berinvestasi sebesar USD305 juta.

Ahli industri buku Fordham University New York, Albert Greco, mengungkapkan kesepakatan tersebut membawa teknologi Microsoft ke bisnis Nook di mana akan dimanfaatkan untuk membuat bisnis yang lebih baik.

Chief Executive Officer (CEO) Barnes & Noble William Lynch mengutarakan, investasi tersebut akan digunakan untuk mendanai peluncuran toko buku digital internasional Nook dan perangkat lunak platform Windows.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8535 seconds (0.1#10.140)