Pertamina bidik bisnis hilir gas Kazakhstan

Rabu, 23 Mei 2012 - 16:59 WIB
Pertamina bidik bisnis hilir gas Kazakhstan
Pertamina bidik bisnis hilir gas Kazakhstan
A A A


Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) berencana untuk masuk dalam lingkaran bisnis hilir di Kazakhstan. Hal ini diungkapkan setelah sebelumnya mengincar blok minyak dan gas bumi di negara pecahan Uni Soviet tersebut.

"Kita kan masih menjajaki di sana. Bisnis yang bisa kita garap di sana kan banyak, tidak hanya upstream tapi juga downstream," ujar VP Corporate Communication M. Harun di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5/2012).

Kazakhstan, diutarakan Harun, juga memiliki produksi gas yang besar. Akan tetapi tidak tergarap dengan baik, sehingga memberikan peluang untuk Pertamina dapat masuk ke sana. "Kazakhstan miliki minyak besar, jadi gasnya tidak teroptimalkan sehingga di situ kita anggap ada peluang," tuturnya.

Pertamina yang saat ini juga bersama Pemerintah, rencananya akan menjalin kerja sama dengan National Oil Company (NOC) Kazakhstan, yaitu Kazmunaigaz. Disamping itu, Pertamina juga berencana untuk masuk dalam bisnis pelumas di negara yang terletak di dua benua ini.

Sebagai informasi, pemerintah Kazakhstan menawarkan PT Pertamina untuk mengakuisisi ladang-ladang minyak di negara yang terletak di Asia Tengah dan Eropa Timur itu. Pemerintah meminta agar Pertamina tak melewatkan kesempatan ini.

Diketahui, potensi ladang minyak di Kazakhstan sangat besar. Saat ini, Kazakhstan memproduksi minyak sebanyak 1,6 juta barel per hari dan direncanakan meningkat menjadi 2 juta barel per hari pada 2013. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7202 seconds (0.1#10.140)