Facebook digugat pemegang saham

Jum'at, 25 Mei 2012 - 09:10 WIB
Facebook digugat pemegang saham
Facebook digugat pemegang saham
A A A
Sindonews.com – Jejaring sosial yang baru saja menjadi perusahaan publik, Facebook Inc, digugat oleh sebagian pemegang saham atas tuduhan menyembunyikan informasi pada prospektus menjelang penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) 18 Mei lalu.

Tuntutan tersebut juga ditujukan kepada pendirinya Mark Zuckerberg serta bank investasi yang menangani IPO yang disebut-sebut terbesar kedua di Amerika Serikat (AS) itu. Menurut BBC, dalam sebuah pengaduan yang diajukan kepada Pengadilan Manhattan, disebutkan bahwa Facebook tidak menyebutkan revisi angka pertumbuhan situs jejaring sosial terbesar di dunia itu untuk semua investor.

BBC juga melaporkan, regulator keuangan AS sebelumnya mengatakan bahwa Morgan Stanley selaku penjamin emisi kemungkinan memiliki jawaban atas pengungkapan informasi menjelang IPO tersebut. Morgan Stanley sendiri tidak memberikan komentar terkait gugatan tersebut.

Dikatakannya, prosedur IPO Facebook sudah memenuhi semua ketentuan yang berlaku untuk sebuah penawaran saham perdana. “Pihak penjamin emisi utama di pertengahan jalan telah mengurangi perkiraan dan tidak memberi tahu semua orang,” kata Samuel Rudman, pialang pada Robbins Geller Rudman & Dowd, pihak penggugat seperti dikutip Reuters Rabu 23 Mei 2012.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5804 seconds (0.1#10.140)