Konversi ke BBG dipercepat

Kamis, 31 Mei 2012 - 12:00 WIB
Konversi ke BBG dipercepat
Konversi ke BBG dipercepat
A A A


Sindonews.com - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam bentuk beberapa program nasional untuk mencapai penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM). Salah satunya adalah dengan mempercepat progres konversi dari BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Sebagai langkah pertama, pemerintah akan menyediakan converter kit untuk dibagikan gratis kepada angkutan umum. "Jadi semua angkutan umum akan mendapatkan converter kit gratis, mulai tahun ini 2012," kata Menteri Perindustrian MS. Hidayat saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Kamis (31/5/2012).

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik menuturkan bahwa pemerintah akan menghemat BBM bersubsidi sebanyak 8 ribu Kiloliter dari program ini. Maka dari itu akan disediakan 15.000 converter kit untuk angkutan umum. Pengadaan alat bantu pengoperasian gas pada kendaraan tersebut akan diimpor melalui tender.

"Untuk konversi BBM ke BBG tentu diperlukan converter kit, untuk pengadaannya akan dilakukan tender impor pengadaan converter kit," ungkap Jero dalam konferensi pers di kantornya, kemarin.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Evita Legowo mengatakan, pengadaan converter kit akan dilakukan tender secara terbuka. Sedangkan dari sisi Sarana Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), akan disediakan 33 SPBG di Jawa Bali.

"Akan dilakukan tender, ini yang tersedia ada dari negara Italia, India, dan Korea. Ada tender terbuka," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3112 seconds (0.1#10.140)