Pelemahan rupiah dorong nilai ekspor RI

Jum'at, 01 Juni 2012 - 14:04 WIB
Pelemahan rupiah dorong nilai ekspor RI
Pelemahan rupiah dorong nilai ekspor RI
A A A


Sindonews.com - Walaupun banyak pihak yang menyesalkan terjadinya pelemahan rupiah dalam beberapa hari terakhir, akan tetapi nilai ekspor dapat meningkat dengan kondisi tersebut.

Direktur Statistik Harga, Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menuturkan, pelemahan rupiah akan mendorong nilai ekspor, namun resikonya harga barang-barang impor akan mendadak tinggi.

"Kalau rupiah menurun memang untuk ekspor bagus untuk mendorong ekspor, tetapi untuk harga barang-barang impor kan akan naik, tapi bagus juga untuk mengurangi impor. Misalnya jeruk China akan naik harganya, maka kita akan memilih jeruk lokal," ujarnya saat ditemui di Gedung BPS Pusat, Jakarta, Jumat (1/6/2012).

Dia menjelaskan, untuk barang impor ke Indonesia, masih didominasi oleh barang baku dan barang konsumsi. Jadi, kalau inflasi mengukur barang konsumsi akan mempengaruhi barang konsumsi atau dapat dikatakan imported inflation akan berdampak naik. "Kalau dalam komponen impor kita 7 persen dalam keseluruhan. Itu yang mempengaruhi," paparnya.

Sasmito menambahkan, Bank Indonesia (BI) tidak akan membiarkan kurs rupiah terlalu menguat. Karena, resiko impor yang tinggi akan mengancam neraca perdagangan yang berawal dari penurunan ekspor.

"Tetap harus dilepas tapi terkendali. Jangan tiba-tiba ditahan di Rp9.000-an ya merugikan kita juga. Setelah ada berita ini para pelaku akan shock, mereka akan melakukan kebijakan-kebijakan memperbaiki, supaya ini balik lagi," jelasnya.

"Berarti harus ada suatu yang kita lakukan bersama. Para pelaku pasar harus berpikir, ini memberikan kejutan supaya ada perubahan pola di pemerintah atau swasta dalam melakukan kegiatan usahanya," tambah Sasmito. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4983 seconds (0.1#10.140)