Tahun ini stok beras Sumut aman

Jum'at, 08 Juni 2012 - 11:46 WIB
Tahun ini stok beras Sumut aman
Tahun ini stok beras Sumut aman
A A A


Sindonews.com - Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan stok beras untuk Sumatera Utara (Sumut) masih dalam posisi cukup aman hingga akhir tahun. Saat ini, stok yang masih ada 73.262 ton beras masih tersimpan di gudang operasional Bulog, di seluruh wilayah Sumatera Utara.

"Bulog terus berupaya dan berharap pembelian dari petani dapat ditingkatkan, mengingat pembelian beras petani kita memang masih belum sesuai target kita yang mencapai 30 ribu ton. Tapi stok kita cukup aman kok, dan dengan konsumsi rata-rata kita masih bisa bertahan hingga enam bulan," ungkap Humas Bulog Divisi Regional I Sumatera Utara, Rusli Siregar, Jumat (8/6/2012).

Menurut Rusli, Medan dan Padang Sidempuan merupakan dua dari empat daerah subdivisi regional Sumut yang terus mengalami peningkatan pembelian beras petani. Sub Divre Medan, hingga awal Juni ini sudah membeli sebanyak 2.135 ton, sedangkan Padang Sidempuan 839 ton. Sementara Sub Divre Bulog Siantar, Kisaran dan Kantor Kecil Divre Rantau Prapat masih stagnan di angka 27 ton, 25 dan 23 ton.

Rusli menjelaskan, saat ini bulog telah merancang terobosan baru yang dapat menyerap beras dari petani secara maksimal. Petugas dari bulog sudah diturunkan secara langsung ke sentra-sentra produksi utama, maupun daerah yang bukan termasuk zonasi sentra, namun sedang mangalami panen.

"Survei kita terus berjalan, orang-orang kita terus mobile di setiap tempat yang ada panen, khususnya di sentra-sentra produksi utama. Aksi itu membuahkan hasil, di mana dari pertengahan Mei, pembelian beras totalnya masih 1.660 ton hingga awal Juni bisa sebanyak 3.049 ton dengan kontribusi terbesar dari Sub Divre Medan danPadang Sidempuan," tukas dia. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5222 seconds (0.1#10.140)