Proyek kereta api Sulsel akan libatkan investor

Jum'at, 22 Juni 2012 - 11:04 WIB
Proyek kereta api Sulsel akan libatkan investor
Proyek kereta api Sulsel akan libatkan investor
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mewacanakan untuk menggandeng investor dalam proyek pembangunan jaringan rel kereta api (KA) yang menghubungkan Kota Makassar dengan Parepare dan Railway Mamminasata.

Pemprov berasalan, dua proyek transportasi massal tersebut membutuhkan anggaran hingga triliunan rupiah. Sementara, kemampuan anggaran baik pemerintah pusat maupun daerah sangat terbatas. Saat ini, usulan melibatkan pihak ketiga tersebut sudah diajukan ke Kementerian Perhubungan. Apalagi, proyek tersebut diminati lima investor dari Italia, Korea Selatan, Rusia, Jerman, serta investor asal China.
“Ini adalah proyek yang besar dan sifatnya multy years. Jadi kita usulkan agar beberapa calon investor ini bisa berkolaborasi dalam pembangunannya,” Kepala Bagian Promosi Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel Sukarniaty Kondolele, Kamis 21 Juni 2012.

Menurut Sukarniaty, pemerintah daerah hanya menyiapkan business plan dan regulasi sehingga para calon investor tertarik bekerjasama membangun proyek yang ditaksir mencapai triliunan rupiah itu. Beberapa calon investor yang sudah menyatakan minatnya tersebut diantaranya WEGH Group dari Italia, Russian Railways dari Rusia, pemerintah Ubei dari China, serta perusahaan RNA dan Korail dari Korea Selatan.

“Selama belum ada investor yang dipastikan menggarap proyek KA ini. Kita akan terus melakukan promosikannya. Termasuk kemudahan yang akan diberikan pemerintah daerah,” bebernya kepada wartawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Sulsel Masykur Sultan yang dikonfirmasi mengenai ketertarikan investor tersebut, menolak memberikan jawaban. “Jangan tanyakan saya kalau soal investor KA. Kami hanya melaksanakan studi jaringan KA. Silahkan berhubungan BKPMD,” ketus Masykur.

Dari hasil studi jaringan, Railway Mamminasata direncanakan sepanjang 200 kilometer, dan menghubungkan Kota Makassar dengan empat kabupaten di sekitarnya. Sedangkan KA lintas Makassar-Parepare memiliki panjang rel hingga 136 kilometer. KA ini nantinya menggunakan jalur pantai dan menghubungkan setiap pelabuhan di lima kabupaten/kota yang dilaluinya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4813 seconds (0.1#10.140)