Peran internet dalam pertumbuhan ekonomi kreatif

Sabtu, 23 Juni 2012 - 12:55 WIB
Peran internet dalam pertumbuhan ekonomi kreatif
Peran internet dalam pertumbuhan ekonomi kreatif
A A A


Sindonews.com - Dewasa ini ekonomi kreatif semakin mendapat perhatian serius karena dianggap sebagai salah satu kekuatan besar pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pertumbuhan tersebut didorong oleh teknologi Internet yang tanpa batas.

"Kreatif ekonomi adalah gelombang keempat dan senjata rahasia di Indonesia," tegas Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia , Mari Elka Pangestu dalam persentasinya pada acara Wharton Global Alumni Forum di Grand Ballroom Hyatt Thamrin, Jakarta, Sabtu (23/6/2012).

Pertumbuhan ekonomi kreatif ini, kata Mari, tak lepas dari terus berkembangnya berbagai teknologi internet dan jejaring sosial. "Hari ini, internet menyumbang 1,6 persen dari Produk Domesti Bruto (PDB) Indoensia (setara dengan Rp115 triliun rupiah) dan diperkirakan akan bertambah menjadi sebesar 2,5 persen dari PDB pada 2016 (penelitian Google dan Delloite)," papar Mari.

Lebih rinci, dirinya menceritakan pemanfaatan yang lebih efisien dan efektif dari atas berbagai fasilitas yang ditawarkan dunia digital internet oleh para pelaku usaha dibidang induri kreatif. Setidaknya, ada tiga peran penting internet dalam menunjang pertumbuhan bisnis kreatif di Indonesia.

"Internet sebagai katalis perubahan, contohnya seperti bisnis-bisnis yang dimulai dari memanfaatkan platform digital, dari mulai 'Mak Icih', 'nulisbuku.com' sampai fenomena 'Pocong'. Internet sebagai penciptaan model bisnis baru seperti 'blibli.com, pegipegi.com'. Dan Internet sebagai sarana informasi tanpa batas," paparnya dalam persentasi tersebut. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7028 seconds (0.1#10.140)