AGIS tanda tangani CSPA pertambangan

Jum'at, 29 Juni 2012 - 09:21 WIB
AGIS tanda tangani CSPA pertambangan
AGIS tanda tangani CSPA pertambangan
A A A


Sindonews.com - PT AGIS Tbk (TMPI) melalui anak perusahaannya PT Agis Resources telah menandatangani CSPA (conditional sale and purchase agreement) untuk mengeksekusi hak perseroan sebagai pelaksanaan exclusivity agreement dengan salah satu perusahaan pemilik konsesi pertambangan emas di Sumatera Barat yang ditandatangani pada 2010 yang lalu.

Sekretaris Perusahaan PT AGIS Tbk Mohammad Noor Syahriel mengatakan, berdasarkan hasil penandatanganan CSPA, PT Agis Resources akan menjadi pemegang mayoritas saham, lebih dari 60%, pada perusahaan pemilik konsesi pertambangan emas dimaksud.

“Adapun, IUP eksplorasi pada konsesi pertambangan emas tersebut mencakup areal seluas lebih dari 5.000 hektare,” tutur dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis 28 Juni 2012.

Syhariel menjelaskan, penandatanganan CSPA ini merupakan langkah nyata PT Agis Tbk dalam melakukan upaya diversifikasinya ke sektor pertambangan menuju tahapan selanjutnya.

PT Agis Resources yang merupakan anak perusahaan hasil joint venture antara PT Agis Tbk dengan Fujian Xinjifu Enterprise Group Co Ltd dari China, diharapkan dapat segera memulai operasinya dalam bisnis pertambangan serta segera memberikan kontribusi kepada perseroan. Seperti diketahui, komposisi kepemilikan dari PT Agis Resources adalah TMPI menguasai 51 persen sedangkan Xinjifu 49 persen.

Besar modal dasar yang telah disepakati adalah sebesar USD50 juta.Selain itu, PT Agis Resources juga akan terus melakukan eksplorasi yang lebih mendalam pada beberapa konsesi tambang emas lainnya di Sumatera Barat. Sementara, pada kuartal I/2012 TMPI membukukan laba bersih sebesar Rp4,13 miliar atau Rp0,77/saham.

Laba bersih kuartal I 2012 menunjukkan pertumbuhan 133,33 persen bila dibandingkan dengan laba bersih pada kuartal I tahun lalu yang sebesar Rp1,19 miliar atau Rp0,33/saham. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4173 seconds (0.1#10.140)