Pasang LED, Philips bidik 5 bandara

Rabu, 29 Agustus 2012 - 15:03 WIB
Pasang LED, Philips bidik 5 bandara
Pasang LED, Philips bidik 5 bandara
A A A
Sindonews.com - Royal Philips Electronics melalui PT Philips Indonesia membidik lima bandara di Indonesia untuk kontrak kerja sama pemasangan lampu hemat energi atau Light Emitting Diode (LED) yang diklaim lebih hemat 50 persen untuk biaya penggunaan operasional.

Marketing Manager Lighting Commercial Philips Indonesia, Riris mengatakan kelima bandara tersebut saat ini dikembangan pemerintah dalam konsep green airport atau bandara yang ramah lingkungan. Kelima bandara itu di antaranya Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Bandara Sepinggan (Balikpapan), Bandara Sultan Hassanudin (Makassar), Bandara Juanda (Surabaya) dan Bandara Kula Namu (Medan).

"Selain dikonsepkan sebagai green airport, kelima bandara ini juga dijadikan sebagai hub dari bagian wilayah timur, tengah, hingga barat Indonesia yang juga dijadikan pintu konektivitas jalur udara," kata Riris dalam pameran Indonesia Internasional Infrastructure Conference and Exhibition 2012 (IIICE) di Jakarta, Rabu (29/08/2012).

Menurutnya, saat ini kelima bandara itu masih menggunakan lampu penerangan konvensional yang dinyatakan lebih boros untuk pembiayaan operasional dan juga tidak ramah lingkungan karena sisa pembuangannya bisa mencemarkan zat mercury.

"Meskipun biaya pemasangan LED lebih mahal 20-30 persen dibandingkan lampu konvensional, namun teknologi pencahayaan baru ini lebih tahan lama hingga 15 tahun, sedangkan lampu konvensional hanya bertahan 2-3 tahun," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pengelola bandara bisa menekan biaya operasional penggunaan lampu hingga 50 persen lebih hemat dengan menggunakan LED dibandikan dengan lampu konvensional biasa. Dia mencontohkan, pada Bandara Munich di Jerman telah menggunakan lampu ini dan berhasil menghemat hingga 400.000 euro pertahunnya.

Riris menambahkan, pemasangan lampu LED akan disesuaikan dengan kapasitas kebutuhan di bandara tersebut. Dia mencontohkan, untuk lampu di ruang check in, akan dibedakan dengan lampu LED di parkiran mobil. Begitu pula pada lampu di jalan raya dan ruang tunggu penumpang.

Perusahaannya saat ini juga telah bekerjasama dengan beberapa bandara yaitu Bandara Juanda, Bandara Sultan Hassanudin dan Bandara Internasional Lombok, namun penerangannya masih menggunakan lampu konvensional. "Bandara Sam Ratulangi di Manado dan Bandara Patimura di Ambon juga kita telah lakukan kerja sama dengan penggunaan konvensional," lanjutnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9160 seconds (0.1#10.140)